kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Daftar 10 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa


Rabu, 15 November 2023 / 12:02 WIB
Daftar 10 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat kacang panjang.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh adalah hal yang sayang jika dilewatkan. Pasalnya, manfaat kacang panjang untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Selain itu, cara mengkonsumi kacang panjang juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat kacang panjang secara maksimal.

Kacang panjang, atau yang dikenal juga dengan nama lain sebagai buncis atau kacang-kacangan panjang, merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Medical News Todat, berikut berbagai manfaat kacang panjang untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Kacang panjang mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh, dan vitamin K membantu dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Baca Juga: 8 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Sumber Serat yang Baik

Kacang panjang kaya akan serat, baik serat larut maupun tidak larut. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatur kadar gula darah. Konsumsi serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mengandung Antioksidan

Kacang panjang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan karotenoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Menakjubkan

4. Menyediakan Zat Besi

Kacang panjang merupakan sumber zat besi, yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh, dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Serat, vitamin, dan antioksidan dalam kacang panjang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi sayuran ini secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kadar kolesterol.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik Dikunjungi

6. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Kacang panjang rendah kalori dan mengandung serat tinggi, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk membantu pengelolaan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk ngemil.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kacang panjang dapat mendukung kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kejernihan penglihatan dan mencegah masalah mata seperti rabun senja.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 dan Prediksi Brasil vs Kaledonia Baru U-17

8. Mendukung Kesehatan Tulang

Vitamin K yang terdapat dalam kacang panjang memiliki peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

9. Mengandung Asam Folat

Kacang panjang merupakan sumber asam folat, yang sangat penting selama kehamilan untuk mencegah kelainan pada janin. Asam folat juga diperlukan untuk produksi sel-sel darah dan pertumbuhan jaringan.

Baca Juga: Hasil Indonesia vs Panama dan Klasemen Piala Dunia U-17 2023

10. Mengurangi Risiko Diabetes

Kacang panjang dapat membantu mengatur kadar gula darah karena seratnya yang tinggi. Ini dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan membantu dalam pengelolaan kondisi ini.

Penting untuk dicatat bahwa untuk mendapatkan manfaat maksimal, konsumsilah kacang panjang bersamaan dengan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara umum. Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.

Selanjutnya: Humpuss Maritim (HUMI) Tambah Kapal Chemical, Optimis Laba Meningkat

Menarik Dibaca: Promo Mixue Terbaru Diskon 20% Tukar Livin Poin Pakai Kartu Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×