kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan, Catat 7 Hal Menarik Ini


Sabtu, 30 Maret 2024 / 09:30 WIB
Manfaat Pisang Untuk Kesehatan, Catat 7 Hal Menarik Ini
ILUSTRASI. Pisang

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat pisang untuk kesehatan terkenal telah teruji khasiatnya oleh berbagai uji klinis. Tak heran, pisang menjadi buah yang cukup banyak diminati banyak orang.

Pisang adalah buah yang lezat dan bergizi tinggi yang dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, pisang juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Selain itu, pisang juga mempunyai rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. 

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa

Melansir dari WebMD, Pisang kaya akan potasium dan mineral serta vitamin penting lainnya yang membantu tubuh Anda menjalankan fungsi penting.

Selain itu, berikut berbagai manfaat pisang untuk kesehatan:

Sumber Energi Instan

Pisang mengandung karbohidrat, terutama glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang memberikan energi instan. Ini membuat pisang menjadi camilan yang ideal sebelum atau sesudah berolahraga, membantu menjaga tingkat energi dan meningkatkan performa fisik.

Kaya Serat

Pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, konsumsi serat juga dapat membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini

Kandungan Vitamin dan Mineral

Pisang kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, dan folat. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah, sementara magnesium mendukung fungsi otot dan saraf.

Menyehatkan Jantung

Kandungan kalium dalam pisang membantu mengendalikan tekanan darah, yang merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung. Diet tinggi kalium dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Pisang mengandung triptofan, suatu zat yang dapat merangsang produksi serotonin dalam otak. Serotonin dikenal sebagai neurotransmitter yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Oleh karena itu, konsumsi pisang dapat membantu menjaga kesehatan mental dan emosional.

Baca Juga: Segar Untuk Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh

Mengatasi Masalah Pencernaan

Pisang adalah makanan yang mudah dicerna dan cocok untuk orang-orang dengan masalah pencernaan, seperti iritasi lambung. Pisang juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya tukak lambung.

Mendukung Pertumbuhan Sel dan Jaringan Tubuh

Folat yang terdapat dalam pisang memiliki peran penting dalam sintesis dan perbaikan DNA. Oleh karena itu, konsumsi pisang dapat mendukung pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, terutama selama masa pertumbuhan dan perkembangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×