kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,87   12,58   1.26%
  • EMAS1.128.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Teruji Khasiatnya


Rabu, 15 November 2023 / 12:04 WIB
7 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Teruji Khasiatnya
ILUSTRASI. Manfaat pisang.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik perhatian diketahui. Selain itu, manfaat pisang juga tidak perlu diragukan karena telah teruji secara klinis.

Pisang adalah buah yang lezat dan bergizi tinggi yang dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, pisang juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Buah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Healthline, berikut berbagai manfaat pisang untuk kesehatan:

1. Sumber Energi Instan

Pisang mengandung karbohidrat, terutama glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang memberikan energi instan. Ini membuat pisang menjadi camilan yang ideal sebelum atau sesudah berolahraga, membantu menjaga tingkat energi dan meningkatkan performa fisik.

Baca Juga: 8 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

2. Kaya Serat

Pisang mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, konsumsi serat juga dapat membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Kandungan Vitamin dan Mineral

Pisang kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, dan folat. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah, sementara magnesium mendukung fungsi otot dan saraf.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Menakjubkan

4. Menyehatkan Jantung

Kandungan kalium dalam pisang membantu mengendalikan tekanan darah, yang merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung. Diet tinggi kalium dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

5. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Pisang mengandung triptofan, suatu zat yang dapat merangsang produksi serotonin dalam otak. Serotonin dikenal sebagai neurotransmitter yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Oleh karena itu, konsumsi pisang dapat membantu menjaga kesehatan mental dan emosional.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik Dikunjungi

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Pisang adalah makanan yang mudah dicerna dan cocok untuk orang-orang dengan masalah pencernaan, seperti iritasi lambung. Pisang juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya tukak lambung.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 dan Prediksi Brasil vs Kaledonia Baru U-17

7. Mendukung Pertumbuhan Sel dan Jaringan Tubuh

Folat yang terdapat dalam pisang memiliki peran penting dalam sintesis dan perbaikan DNA. Oleh karena itu, konsumsi pisang dapat mendukung pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, terutama selama masa pertumbuhan dan perkembangan.

Pisang bukan hanya lezat tetapi juga merupakan pilihan makanan yang cerdas untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan kandungan nutrisi yang beragam, pisang dapat membantu menjaga energi, keseimbangan nutrisi, dan mencegah berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menyertakan pisang dalam diet sehari-hari Anda untuk mendapatkan manfaat optimal bagi kesehatan tubuh Anda.

Selanjutnya: Indonesia Posts $3.5 Billion October Trade Surplus, Above Forecast

Menarik Dibaca: Promo Mixue Terbaru Diskon 20% Tukar Livin Poin Pakai Kartu Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×