kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Penyebab Stres yang Paling Umum Dialami, Waspada!


Kamis, 07 Maret 2024 / 08:38 WIB
5 Penyebab Stres yang Paling Umum Dialami, Waspada!
ILUSTRASI. Stres

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa penyebab stres yang paling umum dialami dan perlu diwaspadai. Pasalnya, tak sedikit penyebab stres yang kerap luput dari perhatian.

Stres adalah reaksi alami dari tubuh terhadap tekanan fisik, emosional, atau mental. Meskipun sedikit stres dapat memotivasi dan meningkatkan kinerja, stres yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Berbagai faktor dapat menyebabkan stres, dan penting untuk mengidentifikasi dan mengelola penyebabnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi penyebab stres yang paling umum dan cara mengelola stres tersebut.

Baca Juga: Catat 7 Cara Mencegah Obesitas yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Melansir dari WebMD, setiap orang mempunyai pemicu stres yang berbeda-beda. Stres kerja menduduki peringkat teratas, menurut survei. Empat puluh persen pekerja di AS mengaku mengalami stres di kantor, dan seperempatnya mengatakan pekerjaan adalah sumber stres terbesar dalam hidup mereka.

Selain itu, berikut beberapa faktor penyebab stres yang paling sering dialami, di antaranya:

Tuntutan Kerja

Tuntutan di tempat kerja sering menjadi salah satu penyebab utama stres. Tekanan untuk memenuhi tenggat waktu, tuntutan kinerja yang tinggi, dan konflik antar rekan kerja dapat menyebabkan stres yang berkepanjangan.

Baca Juga: Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Masalah Keuangan

Masalah keuangan, seperti utang yang menumpuk, kesulitan membayar tagihan, atau ketidakstabilan pekerjaan, dapat menyebabkan stres yang signifikan. Ketidakpastian finansial sering kali menjadi sumber kecemasan yang besar.

Hubungan Pribadi

Konflik dalam hubungan pribadi, seperti pertengkaran dengan pasangan, masalah keluarga, atau konflik dengan teman, dapat menyebabkan stres yang parah. Ketidakharmonisan dalam hubungan dapat mengganggu kesejahteraan emosional seseorang.

Keseimbangan Hidup

Kesulitan mencapai keseimbangan antara pekerjaan, keluarga, dan waktu pribadi sering kali menjadi penyebab stres. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kelelahan, kelelahan, dan perasaan kewalahan.

Baca Juga: Catat Manfaat Paprika Bagi Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Perubahan Hidup Besar

Peristiwa besar dalam hidup, seperti perceraian, kematian orang yang dicintai, atau pindah tempat tinggal, dapat menyebabkan stres yang signifikan. Perubahan ini sering kali memerlukan penyesuaian besar dan dapat mempengaruhi kesejahteraan mental seseorang.

Dalam menghadapi stres, penting untuk mengenali penyebabnya dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengelolanya. Dengan pemahaman yang baik tentang penyebab stres yang paling umum dan strategi untuk mengatasinya, seseorang dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental mereka serta meningkatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×