kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   11.000   0,75%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%
AKTUAL /

Catat 7 Cara Mencegah Obesitas yang Efektif dan Mudah Dilakukan


Rabu, 06 Maret 2024 / 04:25 WIB
Catat 7 Cara Mencegah Obesitas yang Efektif dan Mudah Dilakukan
ILUSTRASI. Obesitas

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak cara mencegah obesitas yang bisa dijadikan alternatif untuk dilakukan. Salah satunya, Anda bisa memulai dengan mengatur pola makan sehat.

Obesitas telah menjadi masalah kesehatan global yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Dengan gaya hidup modern yang sering kali cenderung kurang aktif dan pola makan yang tidak sehat, tingkat obesitas terus meningkat di seluruh dunia. 

Namun, obesitas bukanlah nasib yang tidak dapat diubah dan bisa dicegah dengan komitmen untuk mengadopsi kebiasaan hidup sehat. 

Baca Juga: 5 Obat Alami untuk Mengatasi Masalah Ambeien dan Penyebab Munculnya Ambeien

Melansir dari Medical News Today, dokter mendefinisikan obesitas sebagai penumpukan lemak berlebihan atau tidak normal yang dapat membahayakan kesehatan. Cara untuk membantu mencegah obesitas dapat mencakup menjaga faktor gaya hidup seperti pola makan seimbang, aktivitas fisik, dan tidur yang cukup.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu mencegah obesitas:

Pola Makan Sehat

Penting untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi. Fokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein sehat, dan lemak sehat. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan makanan olahan yang tinggi kalori. Mengontrol porsi makan juga penting untuk mencegah kelebihan asupan kalori.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan

Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik teratur membantu membakar kalori yang tidak digunakan dan memperkuat jantung serta otot. Setidaknya, lakukan 150 menit aktivitas aerobik moderat atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi setiap minggu, ditambah dengan latihan kekuatan dua kali seminggu.

Minimalkan Konsumsi Minuman Bersoda dan Minuman Manis

Minuman manis seperti minuman bersoda, minuman energi, dan jus buatan dapat menyumbang pada asupan kalori yang tinggi tanpa memberikan rasa kenyang. Lebih baik memilih air putih, teh tanpa gula, atau minuman rendah kalori lainnya.

Baca Juga: Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga

Batasi Asupan Makanan Cepat Saji dan Makanan Olahan

Makanan cepat saji dan makanan olahan sering mengandung lemak trans, gula tambahan, dan garam yang berlebihan. Konsumsi makanan ini harus dibatasi karena mereka cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi.

Tidur Cukup

Kurang tidur telah terkait dengan peningkatan nafsu makan dan penurunan metabolisme. Pastikan untuk mendapatkan 7-9 jam tidur berkualitas setiap malam untuk mendukung upaya pencegahan obesitas.

Kelola Stres dengan Baik

Stres kronis dapat menyebabkan peningkatan konsumsi makanan tidak sehat sebagai cara untuk mengatasi stres. Temukan cara-cara untuk mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Perhatikan Ukuran Porsi

Mengontrol ukuran porsi makanan adalah kunci untuk mengelola berat badan dengan efektif. Perhatikan ukuran porsi yang direkomendasikan untuk berbagai jenis makanan dan hindari makan berlebihan.

Mencegah obesitas membutuhkan perubahan gaya hidup jangka panjang. Dengan mengadopsi kebiasaan hidup sehat, Anda tidak hanya dapat mencegah obesitas tetapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Mulailah dengan langkah-langkah kecil dan teruslah konsisten, dan ingatlah bahwa setiap langkah menuju gaya hidup sehat merupakan investasi dalam kesehatan Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

×