kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   11.000   0,75%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%
AKTUAL /

Catat Manfaat Paprika Bagi Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik


Rabu, 06 Maret 2024 / 09:37 WIB
Catat Manfaat Paprika Bagi Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik
ILUSTRASI. Paprika

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat paprika bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah paprika juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat paprika tersebut.

Selain itu, paprika juga termasuk salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Melansir dari WebMD, paprika mengandung capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam paprika yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. Misalnya saja memiliki sifat antioksidan, dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan meredakan gas.

Baca Juga: 5 Obat Alami untuk Mengatasi Masalah Ambeien dan Penyebab Munculnya Ambeien

Selain itu, paprika juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Banyak yang mungkin tidak tahu bahwa di balik tampilannya yang cerah, paprika kaya akan nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan tubuh. 

Berikut beberapa manfaat paprika yang menarik diketahui, di antaranya:

Sumber Vitamin C yang Kuat

Paprika adalah salah satu sumber terbaik vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. 

Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, yang mendukung kesehatan kulit dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi paprika secara teratur, Anda dapat meningkatkan asupan vitamin C dalam diet Anda.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan

Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Paprika mengandung berbagai senyawa antioksidan, termasuk karotenoid seperti beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Mencegah kerusakan sel ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi paprika dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Paprika kaya akan senyawa yang mendukung kesehatan jantung, seperti kalium. Kalium membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko hipertensi. Selain itu, antioksidan dalam paprika juga membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam paprika bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa ini membantu melindungi mata dari sinar UV dan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit mata, seperti degenerasi makula.

Mengurangi Peradangan

Paprika juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini berarti paprika dapat membantu mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti arthritis, dan juga dapat membantu mengurangi gejala peradangan kronis.

Meningkatkan Metabolisme

Kandungan vitamin B6 dalam paprika dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang efisien membantu tubuh memetabolisme makanan menjadi energi dengan lebih baik.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat dalam paprika dapat membantu mempromosikan pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang diperlukan untuk pencernaan yang optimal.

Untuk menikmati manfaat kesehatan paprika, Anda dapat mengonsumsinya dalam berbagai cara. Paprika dapat dimasak, dipanggang, atau digunakan dalam salad. Warna paprika (merah, hijau, kuning, atau oranye) mengandung nutrisi yang hampir sama, jadi Anda dapat memilih sesuai preferensi rasa dan warna.

Namun, ingatlah bahwa paprika bukanlah satu-satunya makanan yang harus dimakan untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini. Kombinasikan paprika dengan makanan lain yang seimbang untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Dengan begitu, Anda dapat mendukung kesehatan tubuh Anda dengan cara yang lezat dan bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

×