kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan


Kamis, 11 April 2024 / 18:00 WIB
 6 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan
ILUSTRASI. Daun sirih cina

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun sirih cina untuk kesehatan bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat daun sirih cina menarik perhatian untuk diketahui.

Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirih cina secara maksimal.

Daun sirih Cina, atau yang dikenal juga sebagai daun piperis betle, telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional karena berbagai khasiatnya yang luar biasa.

Baca Juga: Mampu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Melansir dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat daun sirih cina untuk kesehatan:

Antibakteri dan Antivirus Alami

Daun sirih Cina mengandung senyawa aktif seperti fenilpropanoid, flavonoid, dan minyak atsiri yang memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Kandungan ini dapat membantu melawan berbagai jenis bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit, membantu melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Simak Resep dan Cara Membuat Opor Ayam Khas Lebaran

Antiinflamasi

Kandungan antiinflamasi dalam daun sirih Cina dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk penderita penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis, dan dapat membantu mengurangi gejala seperti nyeri dan pembengkakan.

Antioksidan

Daun sirih Cina kaya akan antioksidan, seperti polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: Simak Kumpulan Doa dan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024

Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih Cina dikenal sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan mulut. Senyawa-senyawa di dalamnya dapat membantu mengurangi pembentukan plak, mencegah karies gigi, dan menyegarkan napas. Penggunaan daun sirih Cina sebagai obat kumur juga dapat membantu mengatasi masalah gigi dan gusi.

Menyokong Sistem Pencernaan

Daun sirih Cina dapat memberikan dukungan untuk sistem pencernaan. Senyawa-senyawa di dalamnya dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti perut kembung, gas, dan masalah pencernaan lainnya. Ini juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ini Pengertian dan Besaran Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang atau Beras

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan antiinflamasi dan antioksidan dalam daun sirih Cina dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan meredakan peradangan dan melawan radikal bebas, daun sirih Cina dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Meskipun daun sirih Cina bisa memberikan manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengganti atau menambahkan pengobatan apa pun.

Selanjutnya: Allianz Indonesia Catat Total Dana Kelolaan Capai Rp 38,7 Triliun Per Desember 2023

Menarik Dibaca: Pasca Lebaran, Bersihkan Usus Kotor dengan 4 Minuman Sehat Ini Yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×