kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Mampu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan


Selasa, 09 April 2024 / 13:30 WIB
Mampu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Buah Kersen

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kersen  - Manfaat buah kersen untuk kesehatan adalah salah satu hal yang penting diketahui. Meski tidak terlalu populer, manfaat buah kersen untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah jika dikonsumsi secara rutin dan benar.

Buah kersen, atau sering juga disebut dengan nama lain yaitu buah ceri, bukan hanya lezat tapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah berwarna merah cerah ini memiliki sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Baca Juga: Simak 6 Tips Mudik Lebaran 2024 yang Pemudik Wajib Ketahui

Merangkum dari BBC Good Food dan Healthline, berikut beberapa manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh:

Antioksidan Tinggi

Kersen kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin, yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Antioksidan membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis.

Mencegah Radang dan Infeksi

Kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi dalam kersen dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan infeksi. Ini dapat bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan arthritis.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

Menyehatkan Jantung

Zat-zat seperti flavonoid dan serat dalam kersen dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Serat membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah, sementara flavonoid dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kersen mengandung vitamin C yang tinggi, yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan mendukung proses penyembuhan.

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ini 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Kersen mengandung beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Mengurangi Risiko Diabetes

Kersen memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat dalam kersen juga dapat membantu mengatur penyerapan gula, membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Kersen rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat menjadi pilihan camilan yang baik untuk membantu menjaga berat badan yang sehat. Serat juga membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kersen mengandung melatonin alami, suatu hormon yang berperan penting dalam regulasi siklus tidur. Konsumsi kersen atau minum jus kersen dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Melawan Penuaan Dini

Antioksidan dalam kersen dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dengan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Enak Untuk Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan

Mengandung Nutrisi Penting

Kersen mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, potassium, dan magnesium, yang semuanya berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×