kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Bahaya Diet Tanpa Olahraga yang Mengancam Metabolisme Tubuh


Sabtu, 13 April 2024 / 09:00 WIB
7 Bahaya Diet Tanpa Olahraga yang Mengancam Metabolisme Tubuh
ILUSTRASI. Kulit kendur setelah diet

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali sederet bahaya diet tanpa olahraga terhadap kesehatan. Diet tanpa olahraga dapat berisiko terhadap kesehatan yang perlu diperhatikan.

Diet tanpa olahraga sering kali terlihat sebagai solusi cepat untuk menurunkan berat badan, tetapi tahukah Anda bahwa pendekatan ini mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan bagi kesehatan?

Banyak orang mengabaikan pentingnya aktivitas fisik saat berdiet, fokus pada pengaturan pola makan saja. Namun, tanpa olahraga yang cukup, risiko terkena beberapa masalah kesehatan bisa meningkat secara signifikan.

Untuk itu, Anda perlu memahami lebih jauh tentang bahaya-bahaya yang mungkin terjadi ketika seseorang menjalani diet tanpa melibatkan olahraga yang cukup.

Baca Juga: 7 Makanan Pembakar Lemak Perut, Tetap Nikmat Dimakan

Efek negatif diet tanpa olahraga terhadap kesehatan

Kulit kendur setelah diet

Ada beberapa bahaya diet tanpa olahraga terhadap kesehatan di kemudian hari, dirangkum dari laman Fit Day.

1. Penurunan Metabolisme

Kurangnya aktivitas fisik dapat mengakibatkan penurunan metabolisme tubuh. Ini berarti tubuh akan membakar kalori lebih lambat, yang dapat menghambat proses penurunan berat badan.

2. Kehilangan Massa Otot

Tanpa olahraga, tubuh cenderung kehilangan massa otot karena tidak ada stimulasi untuk mempertahankannya. Ini dapat mengurangi kekuatan dan ketahanan tubuh.

3. Risiko Penyakit Jantung

Kegiatan fisik yang tidak mencukupi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Olahraga membantu menjaga kesehatan jantung dengan memperkuat jantung dan meningkatkan aliran darah.

4. Penurunan Kesehatan Mental

Olahraga memiliki dampak positif pada kesehatan mental, seperti mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Tanpa olahraga, Anda mungkin lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental.

5. Penurunan Kualitas Tidur

Aktivitas fisik teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tanpa olahraga, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur atau tidur yang tidak nyenyak.

6. Risiko Penyakit Kronis

Diet tanpa olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

7. Penurunan Kesehatan Tulang

Olahraga membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Tanpa olahraga, Anda mungkin lebih rentan terhadap masalah kesehatan tulang seperti kerapuhan tulang.

Demikian beberapa informasi terkait bahaya diet tanpa olahraga terhadap kesehatan sehingga perlu Anda hindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×