kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar


Senin, 01 April 2024 / 14:10 WIB
7 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar
ILUSTRASI. Ampas Kopi

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat ampas kopi untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Padahal, ampas kopi kerap dibuang dan jarang diketahui bisa memiliki manfaat.

Kopi adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia, dan banyak orang menikmatinya setiap hari. Namun, seringkali ampas kopi yang dihasilkan setelah menyeduh kopi diabaikan dan dibuang begitu saja.

Padahal, ampas kopi memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Jambu Mede untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Melansir dari Healthline, Ampas kopi memiliki banyak kegunaan praktis, termasuk sebagai pupuk tanaman atau bahan penggosok dan produk perawatan kulit.

Untuk lebih jelasnya , ini beberapa manfaat ampas kopi:

Antioksidan Tinggi

Ampas kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidatif.

Baca Juga: Manfaat Belimbing untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi, termasuk ampasnya, dapat terkait dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam ampas kopi dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Sumber Serat

Ampas kopi mengandung serat, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Konsumsi serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

Pengusir Serangga Alami

Ampas kopi memiliki sifat pengusir serangga alami. Anda dapat menggunakan ampas kopi sebagai penghalang untuk mencegah serangga merayap, seperti semut, kecoa, atau kutu. Cukup sebar ampas kopi di daerah-daerah yang rentan terhadap serangga.

Baca Juga: Apa Manfaat Mentimun untuk Kesehatan? Catat 8 Hal Ini

Eksfoliasi Kulit

Campuran ampas kopi dengan sedikit minyak kelapa atau yogurt dapat digunakan sebagai scrub alami untuk eksfoliasi kulit. Hal ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, meninggalkan kulit yang lebih halus dan bersinar.

Mengurangi Bau Tak Sedap

Ampas kopi juga dapat digunakan sebagai penghilang bau tak sedap di tempat-tempat seperti lemari atau kulkas. Letakkan ampas kopi yang sudah kering di dalam wadah kecil, dan biarkan ampas menyerap bau tidak sedap.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Dikunjungi Saat Liburan

Pupuk Organik

Ampas kopi dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman. Kandungan nutrisi dalam ampas kopi, seperti nitrogen, dapat memberikan nutrisi tambahan bagi tanaman dan membantu meningkatkan kesuburan tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×