kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Mentimun untuk Kesehatan? Catat 8 Hal Ini


Senin, 01 April 2024 / 11:13 WIB
Apa Manfaat Mentimun untuk Kesehatan? Catat 8 Hal Ini
ILUSTRASI. Mentimun

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat mentimun juga terbukti oleh berbagai uji klinis.

Selain itu, mentimun juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan komponen bioaktif, mentimun dapat menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet sehat Anda.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 7 Hal Menarik

Melansir dari PharmEasy, Mentimun adalah sumber potasium, magnesium, dan serat makanan yang baik. Nutrisi tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, berikut berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh:

Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Mentimun kaya akan antioksidan, seperti beta-karoten dan flavonoid, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan, serta dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca Juga: Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan, 5 Hal Ini Jarang Diketahui

Menjaga Hidrasi

Kandungan air mentimun yang tinggi, sekitar 95%, membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi yang cukup penting untuk menjaga fungsi organ tubuh, mengoptimalkan suhu tubuh, dan mendukung kesehatan kulit.

Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat yang terkandung dalam mentimun dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu memperlancar pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Menarik

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mentimun dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kaliumnya yang baik. Di samping itu, antioksidan dalam mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Menyediakan Nutrisi Penting

Mentimun mengandung sejumlah nutrisi esensial, termasuk vitamin K, vitamin C, kalium, dan magnesium. Vitamin dan mineral ini mendukung berbagai fungsi tubuh, seperti pembekuan darah yang normal, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi otot yang sehat.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori yang rendah dan tingginya kandungan air dalam mentimun menjadikannya camilan yang baik untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Mentimun memberikan rasa kenyang dengan kontribusi kalori yang rendah.

Baca Juga: Daftar Manfaat Daun Kencur Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam mentimun berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang mendukung kesehatan kulit. Mentimun juga dapat digunakan secara topikal untuk mengurangi peradangan dan meredakan kulit yang terbakar matahari.

Mengurangi Kebasahan Sendi dan Otot

Kandungan silika dalam mentimun dapat membantu mengurangi kebasahan pada sendi dan otot, mendukung kesehatan tulang dan jaringan ikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×