kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Dihindari Penderita Maag


Jumat, 15 Maret 2024 / 13:54 WIB
8 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Dihindari Penderita Maag
ILUSTRASI. Gorengan adalah Makanan Penyebab Asam Lambung Naik.

Penulis: Virdita Ratriani

Makanan Penyebab Asam Lambung Naik Asam lambung naik adalah kondisi saat asam lambung naik dari perut ke area kerongkongan, yang salah satu pemicunya bisa berasal dari makanan. Untuk itu, perlu dicermati beberapa makanan penyebab asam lambung naik.  

Penyebab asam lambung naik di antaranya yakni setelah mengonsumsi makanan berat terlalu banyak, membungkukkan badan, serta berbaring terutama terlentang.

Kemudian penyebab lain asam lambung naik seperti hormon kehamilan, merokok, efek samping obat-obatan, serta minuman soda dan alkohol.

Lalu, apa saja makanan penyebab asam lambung naik?

Baca Juga: ​5 Buah yang Menyebabkan Asam Lambung yang Sebaiknya Dihindari Penderita Maag

Makanan penyebab asam lambung naik 

Kopi adalah Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Dirangkum dari laman Pace Hospital dan Surgical Consultants of Northern Virginia, berikut adalah makanan penyebab asam lambung naik:  

1. Minuman berkafein

Kafein adalah stimulan alami yang paling umum ditemukan dalam kopi, teh, minuman ringan, dan minuman energi. Kafein bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat, sehingga membuat kita tetap waspada dan mencegah timbulnya kelelahan. 

Namun, minuman berkafein ternyata menjadi salah satu penyebab asam lambung naik. Pasalnya, minuman berkafein memperburuk gejala asam lambung naik. 

Selain itu, kafein dapat menimbulkan efek samping negatif pada beberapa orang, termasuk kecemasan, kegelisahan, dan kesulitan tidur.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Jadi Menu Diet Asam Lambung, GERD Pergi Jauh

2. Minuman berkarbonasi atau soda  

Minuman berkarbonasi atau soda adalah minuman yang mengandung karbondioksida terlarut yang menimbulkan gelembung. 

Bahan utama yang digunakan dalam minuman berkarbonasi adalah air, karbondioksida, pemanis, pewarna, dan asam yang dapat menjadi penyebab asam lambung naik. 

3. Buah jeruk

Buah jeruk seperti jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali juga termasuk makanan penyebab asam lambung naik. 

Pasalnya, asam sitrat dalam buah jeruk akan memicu gejala refluks karena mengendurkan sfingter esofagus dan memperburuk gejala asam lambung naik. 

Sfingter esofagus adalah otot yang berfungsi mencegah isi lambung naik ke kerongkongan. Jika sfingter esofagus mengendur, maka cairan dan isi lambung dapat kembali naik ke kerongkongan.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok

4. Alkohol

Alkohol juga termasuk dalam makanan penyebab asam lambung naik. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan produksi asam dan menyebabkan kerusakan pada mukosa esofagus. 

Jadi penderita penyakit asam lambung sering kali disarankan untuk menghindari alkohol atau mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang.

5. Cokelat

Mengonsumsi coklat dapat menyebabkan lonjakan serotonin dan menyebabkan sfingter esofagus mengendur karena isi lambung meningkat. 

Cokelat mengandung kafein dan teobromin yang dapat meningkatkan gejala asam lambung naik. 

Baca Juga: Jangan Cemas, 4 Bahan Herbal Ini Ampuh Obati GERD, Cek Cara Cegah Asam Lambung Naik

6. Makanan yang digoreng dan berlemak

Makanan yang digoreng, berminyak, dan berlemak dapat menyebabkan sakit maag dan menyebabkan asam lambung naik.

Pasalnya, makanan tersebut membuat sfingter esofagus tidak menutup sehingga menciptakan celah bagi asam lambung untuk mengalir ke atas kerongkongan. 

Selain itu, makanan berminyak dan berlemak juga lebih sulit dicerna sehingga proses pencernaan berjalan lambat dalam mengosongkan perut dan bisa memicu sakit maag.

7. Tomat

Tomat juga menjadi salah satu makanan penyebab asam lambung naik. Tomat mengandung dua jenis asam, yakni asam sitrat dan asam malat, yang memicu heartburn. 

Saat kita mengonsumsi produk berbahan dasar tomat, perut memproduksi asam lambung untuk memecah makanan yang ada di lambung.

Baca Juga: Ramadan Telah Tiba, Ini Tips Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

8. Pepermin

Pepermin juga menjadi salah satu makanan penyebab asam lambung naik. Pasalnya, pepermin mengendurkan sfingter esofagus sehingga dapat menyebabkan penyakit refluks gastroesofagus atau GERD. 

Demikian sejumlah daftar makanan penyebab asam lambung naik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×