kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Sudah Tahu?


Selasa, 14 November 2023 / 12:46 WIB
8 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat bunga lawang untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat bunga lawang untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui. Pasalnya, manfaat bunga lawang untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis khasiatnya.

Bunga lawang, atau yang dikenal juga sebagai bunga cengkeh, bukan hanya sekadar bahan tambahan dalam masakan atau minuman. 

Bunga lawang ini, yang berasal dari pohon cengkeh (Syzygium aromaticum), memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menarik. Selain memberikan aroma khas pada masakan, bunga lawang juga telah lama digunakan dalam berbagai sistem pengobatan tradisional.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 dan Prediksi Brasil vs Kaledonia Baru U-17

Merangkum dari PharmEasy, ini berbagai manfaat bunga lawang untuk kesehatan tubuh:

1. Antioksidan Tinggi

Bunga lawang mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti eugenol, beta-kariofilin, dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit degeneratif.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan, Simak Ya!

2. Anti-inflamasi

Eugenol, salah satu senyawa utama dalam bunga lawang, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meredakan gejala kondisi inflamasi seperti arthritis.

3. Penghilang Nyeri

Kandungan eugenol dalam bunga lawang juga memiliki efek analgesik atau penghilang nyeri. Oleh karena itu, bunga lawang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan, baik yang disebabkan oleh peradangan maupun kondisi lainnya.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Jus Jeruk untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bunga lawang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, mual, dan gangguan pencernaan lainnya. Sifat-sifat antispasmodiknya dapat membantu meredakan masalah-masalah ini.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Senyawa-senyawa aktif dalam bunga lawang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Simak 7 Tempat Wisata di Bandung Patut Dikunjungi Saat Liburan

6. Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga lawang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Hal ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin menjaga kesehatan metabolisme gula dalam tubuh.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan eugenol dan senyawa lain dalam bunga lawang dapat memberikan efek positif pada kesehatan jantung. Ini termasuk kemampuannya untuk membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

8. Efek Antimikroba

Bunga lawang memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri, jamur, dan virus. Ini menjadikannya sebagai bahan alami yang berguna dalam melawan infeksi.

Meskipun bunga lawang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menarik, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menambahkannya ke dalam rencana diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian, Siang Ini Selasa 14 November 2023, Cek Daftarnya di Sini

Menarik Dibaca: Ini 6 Kesalahan yang Mungkin Sering Anda Lakukan Saat Menyalakan Lilin Aroma Terapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×