kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,20   20,40   2.29%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?


Jumat, 24 November 2023 / 11:13 WIB
8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Daun Bidara

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah daun bidara juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat daun bidara secara maksimal.

Daun bidara, atau yang juga dikenal dengan nama ilmiah Ziziphus mauritiana, adalah tanaman yang telah lama dikenal dan digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia. 

Daun bidara ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, terutama pada daunnya.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan, Catat Ya!

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan:

1. Antioksidan yang Tinggi

Daun bidara kaya akan senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam daun bidara, seperti vitamin C dan zat besi, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat memainkan peran penting dalam melawan infeksi dan penyakit.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Daun bidara telah digunakan secara tradisional sebagai obat untuk masalah pencernaan. Kandungan seratnya membantu meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi risiko sembelit. Selain itu, daun bidara juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Banyak Khasiat yang Tidak Terduga

4. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun bidara dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ini dapat bermanfaat bagi individu dengan diabetes atau yang berisiko mengembangkan penyakit tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam daun bidara dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Mereka dapat membantu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Prediksi Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20

6. Meredakan Stres dan Insomnia

Beberapa orang menggunakan daun bidara sebagai ramuan herbal untuk meredakan stres dan mengatasi masalah tidur. Kandungan tertentu dalam daun bidara diyakini memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, membantu meredakan kecemasan dan insomnia.

7. Anti-Kanker

Beberapa studi awal menunjukkan bahwa ekstrak daun bidara dapat memiliki sifat anti-kanker. Senyawa-senyawa tertentu dalam daun ini diketahui memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 8 Besar, Prediksi Spanyol vs Jerman

8. Meredakan Nyeri

Daun bidara juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri, baik itu nyeri sendi atau nyeri otot. Sifat antiinflamasi alami daun bidara dapat membantu mengurangi peradangan yang berkaitan dengan nyeri.

Meskipun daun bidara memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menjanjikan, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsinya secara rutin, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Selalu ingat bahwa tanaman obat dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain atau memiliki efek samping tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×