kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 8 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan, Catat Ya!


Kamis, 23 November 2023 / 12:24 WIB
Kenali 8 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan, Catat Ya!
ILUSTRASI. Manfaat buah kecapi untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah kecapi untuk kesehatan tubuh nampaknya tidak sepopuler jenis buah lainnya. Selain itu, cara mengkonsumsi buah kecapi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah kecapi tersebut.

Buah kecapi, yang juga dikenal dengan nama Latinnya, Flacourtia inermis, merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. 

Meskipun belum begitu populer seperti buah-buahan lainnya, kecapi memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang patut diperhatikan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Simak Ya!

Merangkum dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Buah kecapi mengandung sejumlah besar antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit degeneratif, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kecapi juga mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam buah kecapi dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sementara antioksidan melawan peradangan dan kerusakan pembuluh darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Banyak Khasiat yang Tidak Terduga

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah kecapi mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang berisiko tinggi mengembangkan diabetes atau untuk membantu mengelola kondisi bagi penderita diabetes.

5. Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat dalam buah kecapi berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, meningkatkan gerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Prediksi Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah kecapi juga mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu mencegah masalah penglihatan, seperti rabun malam, dan mendukung kesehatan retina.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kecapi dapat menjadi bagian dari diet penurunan berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mendukung usaha penurunan berat badan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 8 Besar, Prediksi Spanyol vs Jerman

8. Menyediakan Nutrisi Penting

Buah kecapi mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin (seperti vitamin C dan A), mineral (seperti kalium dan magnesium), dan antioksidan lainnya. Konsumsi buah kecapi secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Meskipun buah kecapi mungkin belum begitu dikenal secara luas, namun manfaat kesehatannya yang beragam membuatnya layak untuk diperkenalkan ke dalam pola makan sehat. Sebagai bagian dari diet seimbang, buah kecapi dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: Promo Menu Baru Dunkin, Palluu Butung Latte khas Sulawesi Selatan

Menarik Dibaca: Promo Menu Baru Dunkin, Palluu Butung Latte khas Sulawesi Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×