kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?


Selasa, 21 November 2023 / 13:27 WIB
8 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?
ILUSTRASI. Rebung

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Rebung - Manfaat rebung untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat rebung juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Rebung, tunas muda dari tanaman bambu, bukan hanya lezat untuk dimasak, tetapi juga menyajikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Dalam beberapa budaya, rebung dianggap sebagai makanan yang bernilai tinggi karena kandungan nutrisi dan sifat-sifatnya yang menyehatkan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 16 Besar, Daftar Squad Jerman vs Amerika Serikat

Merangkum dari Healthline, berikut berbagai manfaat rebung untuk kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Rebung kaya akan nutrisi esensial, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Ini mencakup vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, fosfor, mangan, dan serat pangan. Kandungan nutrisi yang tinggi membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk menjaga keseimbangan nutrisi tubuh.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Murah dan Menarik Perhatian

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Rebung mengandung senyawa fitokimia dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam saluran pencernaan, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Rebung mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan, dan membantu mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!

4. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Rebung mengandung mineral seperti fosfor dan mangan yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Fosfor membantu dalam pembentukan tulang, sementara mangan mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat.

5. Menyokong Fungsi Otak

Kandungan vitamin B kompleks dalam rebung, seperti tiamin, riboflavin, dan niacin, dapat mendukung fungsi otak yang sehat. Vitamin-vitamin ini berperan dalam metabolisme energi dan produksi neurotransmiter yang esensial untuk kesehatan otak.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Mengelola Berat Badan

Rebung rendah kalori dan tinggi serat, membuatnya menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin mengelola berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

7. Membantu Pencernaan

Serat dalam rebung juga mendukung kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Apa Saja?

8. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam rebung dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Mereka membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dan mempromosikan regenerasi sel-sel kulit.

Dengan memasukkan rebung dalam pola makan sehari-hari, seseorang dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang signifikan. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, penting untuk mengonsumsi rebung sebagai bagian dari diet seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×