kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Luar Biasa, Apa Saja?


Selasa, 14 November 2023 / 12:45 WIB
8 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Luar Biasa, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat jus tomat untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan penting diketahui. Selain itu, manfaat jus tomat juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Jus tomat merupakan minuman segar yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi. 

Tomat sendiri adalah sumber antioksidan, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Kaya akan Antioksidan

Tomat mengandung antioksidan seperti likopen, beta-karoten, dan vitamin C. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker. Likopen, khususnya, telah terbukti memiliki efek protektif terhadap kanker tertentu, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menarik Dikunjungi

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Jus tomat dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Likopen dalam tomat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Komponen lainnya seperti potasium juga membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit.

3. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam tomat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang diperlukan untuk elastisitas dan kekenyalan kulit. Antioksidan tomat juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi lingkungan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 dan Prediksi Brasil vs Kaledonia Baru U-17

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dan C dalam jus tomat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Keduanya membantu melawan infeksi dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel kekebalan.

5. Mendukung Kesehatan Mata

Tomat mengandung vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina dan mengurangi risiko masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Air Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

6. Menyediakan Hidrasi dan Nutrisi

Jus tomat adalah sumber hidrasi yang baik dan menyediakan nutrisi esensial seperti vitamin K, vitamin B6, folat, dan magnesium. Ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mendukung fungsi sistem saraf.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi likopen dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Antioksidan dalam tomat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Membantu Pencernaan

Serat dalam tomat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, tomat juga mengandung enzim yang dapat merangsang produksi air liur, memudahkan proses pencernaan.

Jus tomat bukan hanya minuman segar yang enak tetapi juga merupakan sumber nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi jus tomat secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan jantung, kulit, mata, sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×