kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%
AKTUAL /

Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik Perhatian


Minggu, 24 Maret 2024 / 04:32 WIB
Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik Perhatian
ILUSTRASI. Daun talas

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun talas untuk kesehatan cukup menarik perhatian dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat daun talas juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Daun talas, yang sering kali diabaikan, ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Daun ini adalah bagian dari tanaman keladi yang memiliki nama ilmiah Colocasia esculenta. 

Selain umbi talas yang sudah dikenal, daun talas juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Penyebab Gagal Ginjal yang Sering Dialami, Waspada 7 Hal Ini

Melansir dari Healthline, daun talas mengandung antioksidan tingkat tinggi dapat membantu mengurangi molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Selain itu, berikut beberapa manfaat daun talas untuk kesehatan di antaranya:

Kandungan Nutrisi yang Tinggi

Daun talas mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, serat, dan protein. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan kinerja organ-organ penting.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Sumber Serat yang Baik

Daun talas kaya akan serat, yang dapat membantu menjaga pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko penyakit usus, dan menjaga berat badan yang seimbang.

Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A yang ditemukan dalam daun talas penting untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi daun talas secara teratur dapat membantu mencegah masalah mata seperti rabun senja dan katarak.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun talas berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi, menjaga kesehatan kulit, dan mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan? Catat 10 Hal Ini

Anti-Inflamasi Alami

Daun talas memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat terutama untuk penderita arthritis atau masalah inflamasi lainnya.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam daun talas dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan mengatur tekanan darah, risiko penyakit jantung dan stroke dapat dikurangi.

Sumber Energi yang Baik

Daun talas juga mengandung karbohidrat yang memberikan energi alami. Ini bisa menjadi sumber energi yang baik, terutama untuk mereka yang menjalani aktivitas fisik yang cukup intens.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan

Mendukung Kesehatan Tulang

Zat besi dan kalsium dalam daun talas membantu menjaga kesehatan tulang. Ini sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Detoksifikasi

Klorofil dalam daun talas dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Ini membantu menghilangkan racun dan limbah dari tubuh.

Mengurangi Risiko Diabetes

Konsumsi daun talas dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Punya Banyak Nutrisi, Ini 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Cara Mengkonsumsi Daun Talas

Daun talas bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, ditumis, atau digoreng. Mereka juga bisa dijadikan bahan dasar untuk makanan seperti lalapan atau sayuran berkuah. Namun, pastikan untuk memasaknya dengan benar agar bisa menghilangkan racun oksalat yang terkandung dalam daun talas. Pengolahan termal, seperti merebus atau mengukus, dapat membantu mengurangi kandungan oksalat.

Meskipun daun talas memiliki banyak manfaat, penting untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak oksalat dalam makanan dapat berdampak negatif pada kesehatan. Sebaiknya, konsumsilah daun talas dengan bijak sebagai bagian dari diet seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

×