kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%
AKTUAL /

Apa Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Tak Terduga


Minggu, 24 Maret 2024 / 09:30 WIB
Apa Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Tak Terduga
ILUSTRASI. Gula aren

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat gula aren untuk kesehatan nampaknya masih jarang diketahui dan tak terduga. Namun, cara mengolah dan takaran mengkonsumsi gula aren juga perlu diperhatikan.

Gula aren, juga dikenal sebagai gula kelapa, adalah salah satu bahan makanan alami yang telah digunakan secara luas di berbagai budaya di seluruh dunia. 

Selain itu, Gula aren diproduksi dari nektar bunga kelapa atau nira, dan memiliki rasa manis yang unik dengan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan. 

Baca Juga: Penyebab Gagal Ginjal yang Sering Dialami, Waspada 7 Hal Ini

Melansir dari PharmEasy, gula aren dapat bertindak sebagai antioksidan dan melindungi dari kerusakan DNA menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan dan mengurangi kelelahan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Nutrisi

Gula aren mengandung sejumlah nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. Zat besi diperlukan untuk membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah, sementara mineral lainnya mendukung kesehatan tulang, otot, dan sistem saraf.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Rendah Glikemik

Salah satu keuntungan utama gula aren adalah indeks glikemiknya yang rendah. Ini berarti gula aren dilepaskan ke dalam aliran darah dengan lambat, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang perlu mengendalikan kadar gula darah mereka, seperti penderita diabetes.

Sumber Energi Alami

Gula aren adalah sumber energi alami yang baik. Ini mengandung karbohidrat yang memberikan energi yang bertahan lama dan membantu mengatasi rasa lelah dan kelesuan. Sebagian besar karbohidrat dalam gula aren adalah gula alami, bukan gula olahan, sehingga lebih sehat.

Kaya Antioksidan

Gula aren juga mengandung sejumlah antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit dan penuaan dini.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Polong Untuk Kesehatan? Catat 10 Hal Ini

Mendukung Fungsi Kardiovaskular

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi moderat gula aren dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Gula aren mengandung kalium, yang membantu mengatur tekanan darah dan mempertahankan detak jantung yang sehat.

Menyehatkan Pencernaan

Gula aren mengandung serat, yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan

Menyediakan Gizi Untuk Pertumbuhan Anak-anak

Gula aren juga digunakan sebagai makanan bayi yang bermanfaat. Kandungan gizi yang kaya membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi gula aren harus dilakukan dengan bijak. Terlalu banyak konsumsi gula, bahkan gula aren, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsinya dalam batas yang wajar sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

×