kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan? Ada 10 Hal Menarik


Senin, 25 Maret 2024 / 11:48 WIB
Apa Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan? Ada 10 Hal Menarik
ILUSTRASI. Buah sirsak

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah sirsak untuk kesehatan adalah salah satu hal yang penting dan menarik diketahui. Untuk bisa mendapatkan manfaat buah sirsak secara maksimal cara mengolah dan mengkonsumsi buah tersebut juga perlu diperhatikan.

Buah sirsak, atau Graviola, adalah buah tropis yang tumbuh di daerah Amerika Selatan, Afrika, dan Asia. Buah ini telah dikenal luas karena khasiat kesehatannya, terutama dalam pengobatan tradisional. 

Selain itu, buah sirsak juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang enak dikonsumsi.

Baca Juga: Cocok Dijadikan Takjil, Ini Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Melansir dari WebMD, buah sirsak kaya akan vitamin C, antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Vitamin ini memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan kemampuannya untuk bertahan melawan patogen.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan di antaranya:

Menyediakan Antioksidan Alami

Sirsak mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti vitamin C, vitamin A, dan senyawa polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Apa Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Tak Terduga

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam buah sirsak membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi sirsak secara teratur, Anda dapat memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirsak mengandung senyawa-senyawa fitokimia yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Ekstrak sirsak telah digunakan dalam penelitian kanker sebagai bahan potensial dalam pengobatan.

Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam sirsak membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, yang berkontribusi pada kesehatan jantung. Selain itu, potasium dalam buah ini membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Banyak Khasiatnya!

Mengurangi Risiko Diabetes

Sirsak memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang membantu mengatur kadar gula darah. Ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba dan membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam sirsak juga mendukung sistem pencernaan yang sehat. Mengonsumsi buah ini dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan mempromosikan pergerakan usus yang lancar.

Mengurangi Nyeri Sendi

Kandungan antiinflamasi dalam sirsak dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Ini bermanfaat bagi individu yang menderita penyakit seperti arthritis.

Baca Juga: Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik Perhatian

Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam sirsak membantu dalam pembentukan kolagen, yang menjaga kulit tetap sehat dan muda. Selain itu, antioksidan dalam buah ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sirsak memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Minum teh daun sirsak sebelum tidur sering digunakan untuk mengatasi masalah insomnia.

Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan tembaga dan seng dalam sirsak membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×