kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa yang Terjadi Saat Minum Jus Buah Setiap Hari? Ini 5 Dampak Negatifnya


Senin, 04 Maret 2024 / 15:33 WIB
Apa yang Terjadi Saat Minum Jus Buah Setiap Hari? Ini 5 Dampak Negatifnya

Penulis: Bimo Kresnomurti

Dampak Negatif Minum Jus Tiap Hari - JAKARTA. Kenali bahaya minum jus buah setiap hari bagi kesehatan. Buah pada dasarnya memiliki kandungan nutrisi penting dan berdampak positif bagi kesehatan.

Sayangnya, konsumsi jus buah setiap hari memiliki efek yang berbeda dari konsumsi buah secara utuh.

Jus buah adalah minuman yang dibuat dengan mengekstrak sari atau cairan dari buah-buahan segar. Proses pembuatan jus buah melibatkan pemerasan atau penghancuran buah-buahan untuk memisahkan sari atau jus dari daging buah, kulit, dan serat-seratnya.

Minuman jus buah biasanya tidak mengandung serat yang sama banyaknya dengan buah utuh, karena serat-serat tersebut dipisahkan selama proses pengolahan.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga

Efek negatif konsumsi jus buah

Jus buah kemasan

Jus buah bisa dengan mudah dikonsumsi dalam bentuk murni atau dicampur dengan air atau bahan cair lainnya untuk mengatur konsentrasi dan rasa. Selain itu, buah mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk vitamin, mineral, dan antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun jus buah mengandung nutrisi penting, itu juga mengandung gula alami dari buah tersebut, dan dalam beberapa kasus, jus buah komersial dapat mengandung gula tambahan.

Penelitian terkait kandungan jus buah

Pada tahun 2022, penelitian oleh Nutrients menemukan bahwa mengonsumsi jus dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kesehatan kardiometabolik dan membantu mencegah penyakit kronis. Namun, Anda mungkin terkejut bahwa minum jus setiap hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Konsumsi jus setiap hari dapat meningkatkan kadar gula darah, meningkatkan total kalori yang dikonsumsi dalam sehari, berkontribusi terhadap penambahan berat badan, dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Efek kesehatan dari minum jus setiap hari akan bervariasi tergantung pada bahan dan jenis jus. Seperti biasa, jadilah konsumen yang sadar dan periksa label dan daftar bahan sebelum membeli untuk menghindari tambahan gula dan kalori berlebih.

Sehingga, saat Anda konsumsi setiap hari, Anda tentu mendapatkan efek tertentu pada kesehatan tubuh Anda. Berikut ini kondisi tubuh yang menerima dampak negatif konsumsi jus buah berlebihan setiap hari, dirangkum lewat laman Eating Well.

Baca Juga: Ini Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Tak Hanya Baik Untuk Mata

1. Kekurangan Serat

Buah merupakan sumber serat yang sangat baik dan berkontribusi besar terhadap kesehatan pencernaan. Serat adalah salah satu keunggulan utama dari buah yang mendukung proses pencernaan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi.

Namun, ketika Anda memilih untuk minum jus buah, Anda kehilangan sebagian besar serat yang ada pada buah utuh. Oleh karena itu, meskipun Anda telah minum jus, Anda tetap perlu mendapatkan serat dari sumber lain.

2. Ukuran Porsi yang Berbeda

Menghitung asupan nutrisi dari buah utuh lebih mudah dibandingkan dengan jus. Hal ini terkait dengan jumlah nutrisi yang didapat dalam asupan harian Anda.

Dalam membuat satu gelas jus, bisa jadi Anda menggunakan beberapa buah, yang berarti Anda mungkin mengonsumsi jumlah porsi yang lebih banyak dari yang disarankan.

3. Kalori Tanpa Manfaat

Studi menunjukkan bahwa tubuh kita tidak mengenali kalori dari minuman seperti jus dengan cara yang sama seperti dari makanan padat. Ini berarti kita mengonsumsi kalori dari minuman dan kemudian menambahkannya dengan kalori dari makanan lain.

Misalnya, minum jus buah dengan 150 kalori mungkin tampak tidak banyak, tapi karena tidak membuat Anda kenyang, Anda cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan setelahnya.

4. Risiko Meningkatnya Berat Badan

Konsumsi jus buah secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan karena kandungan gula dan kalori yang tinggi. Sebagai ilustrasi, meminum satu gelas jus apel bisa berarti Anda mengonsumsi gula dan kalori setara dengan tiga apel utuh.

Sehingga, seseorang bisa saja mudah untuk tidak menyadari jumlah yang dikonsumsi sebenarnya.

5. Kenaikan Gula Darah

Konsumsi jus buah secara rutin dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang berkontribusi pada peningkatan total kalori harian Anda. Hal ini juga dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan risiko kerusakan gigi. Kandungan gula yang tinggi dalam jus juga dapat memicu iritasi tubuh, termasuk masalah pencernaan.

Dampak kesehatan dari mengonsumsi jus setiap hari dapat berbeda-beda, tergantung pada komposisi dan jenis jusnya.

Penting bagi Anda untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan memeriksa label dan daftar bahan sebelum membeli, guna menghindari asupan gula dan kalori yang berlebihan.

Itulah beberapa informasi terkait dampak negatif yang terjadi saat konsumsi jus buah bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×