kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Tak Hanya Baik Untuk Mata


Minggu, 03 Maret 2024 / 14:30 WIB
Ini Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Tak Hanya Baik Untuk Mata
ILUSTRASI. Jus wortel

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Salah satu manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh adalah baik untuk mata. Namun, ada banyak manfaat jus wortel lain yang masih jarang diketahui dan tak kalah hebat.

Wortel (Daucus carota) adalah salah satu sayuran yang sangat populer di seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang manis dan renyah, wortel juga dikenal kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat nutrisi dari wortel adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diketahui, Bisa Dari Makanan

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat jus wortel untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Vitamin A

Wortel merupakan salah satu sumber terbaik vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, terutama untuk menjaga penglihatan yang baik. Mengonsumsi jus wortel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jus wortel juga mengandung vitamin C, vitamin B, dan zat besi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan juga mendukung proses penyembuhan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus wortel rendah kalori dan mengandung serat, sehingga cocok sebagai minuman untuk program penurunan berat badan. Serat dalam jus wortel dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan berlebihan.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam jus wortel membantu menjaga kesehatan kulit. Mereka dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan membantu mengurangi gejala penuaan seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan.

Mendukung Kesehatan Jantung

Jus wortel juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal. Selain itu, kandungan antioksidan dalam wortel dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan oksidasi dalam tubuh.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan, Simak 10 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam jus wortel dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Serat ini juga berperan dalam menjaga kesehatan usus dengan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi wortel atau jus wortel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, payudara, dan usus besar. Ini disebabkan oleh kandungan antioksidan dan senyawa fitokimia dalam wortel.

Baca Juga: 8 Cara Memperbanyak ASI yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kandungan vitamin A dalam wortel juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin A membantu menjaga integritas lapisan luar gigi dan juga berperan dalam menjaga gusi tetap sehat.
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus wortel, disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan segar dan tanpa gula tambahan. 

Anda juga dapat mencampur jus wortel dengan jus buah-buahan lain untuk variasi rasa dan manfaat tambahan. Namun, seperti halnya dengan semua makanan dan minuman, konsumsilah dengan bijak dan seimbang.

Selanjutnya: Intip Strategi Branding untuk UMKM pada 2024 dari AHA Commerce

Menarik Dibaca: Ingin Menanam Tanaman Hias di Ruang Tamu? Ini Ragam Tanaman yang Cocok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×