kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga


Senin, 04 Maret 2024 / 10:30 WIB
Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga
ILUSTRASI. Mangga muda

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga. Mangga muda menyimpan segudang manfaat yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Mangga adalah buah yang sudah dikenal luas di seluruh dunia karena rasanya yang lezat dan manis. Namun, tahukah Anda bahwa mangga muda, yaitu mangga yang belum matang sepenuhnya, juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa? 

Melansir dari PharmEasy, Mangga muda merupakan sumber berbagai komponen nutrisi dan kaya akan berbagai senyawa termasuk vitamin, mineral, serat makanan dan karotenoid.

Baca Juga: Ini Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Tak Hanya Baik Untuk Mata

Berikut beberapa manfaat buah mangga muda yang menarik diketahui:

Kaya akan Nutrisi

Mangga muda mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Ini termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan vitamin E. Selain itu, mangga muda juga mengandung beberapa vitamin B kompleks seperti B6, folat, dan riboflavin. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, mempromosikan pertumbuhan sel-sel baru, dan mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya.

Baca Juga: Kenali Gejala, Penyebab dan Obat Mabuk Perjalanan di Kendaraan

Sumber Serat Tinggi

Mangga muda kaya akan serat makanan, yang membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Selain itu, serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menstabilkan kadar gula darah, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Antioksidan yang Kuat

Mangga muda mengandung sejumlah antioksidan seperti beta-karoten dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit degeneratif dan penuaan dini. Mengonsumsi mangga muda secara teratur dapat membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diketahui, Bisa Dari Makanan

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam mangga muda sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A penting untuk menjaga penglihatan yang baik dan mengurangi risiko masalah mata seperti rabun senja dan katarak.

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam mangga muda berperan penting dalam produksi kolagen, yang mempertahankan kulit Anda tetap sehat dan terlihat muda. Selain itu, antioksidan dalam mangga muda membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Meskipun mengandung gula alami, mangga muda memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung serat, yang dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama. Ini bisa membantu dalam pengendalian nafsu makan dan berkontribusi pada penurunan berat badan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam mangga muda memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Mendukung Kesehatan Jantung

Mangga muda mengandung potasium, yang membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Selain itu, serat dan antioksidan dalam mangga muda juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Mangga muda adalah buah yang enak dan sehat yang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam diet Anda. Anda dapat mengonsumsinya segar sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam salad, jus, atau smoothie Anda. 

Namun, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya berlebihan karena kandungan gula dalam mangga muda dapat tinggi. Dengan menikmati mangga muda secara bijaksana, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari buah yang lezat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×