kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!


Selasa, 05 Maret 2024 / 10:57 WIB
Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!
ILUSTRASI. Kiwi

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak khasiat dan manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui. Pasalnya, manfaat buah kiwi juga telah teruji khasiatnya.

Buah kiwi, dengan warna hijau cerah dan rasa segar yang khas, bukan hanya lezat, tetapi juga penuh dengan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Baca Juga: Kulit Pisang Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 6 Hal yang Menarik Diketahui

Selain itu, buah kiwi juga memiliki rasa yang khas dan enak untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Melansir dari Health, buah kiwi kaya akan vitamin C, tembaga, dan vitamin K serta mengandung banyak nutrisi penting lainnya dalam porsi kecil. Profil nutrisi mereka yang mengesankan mendukung banyak bidang kesehatan, termasuk pencernaan, pengelolaan berat badan, dan pengendalian gula darah. Mereka juga mendukung kesehatan jantung dan mata serta sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Berikut beberapa manfaat buah kiwi yang menarik diketahui:

Sumber Vitamin C yang Kuat

Buah kiwi merupakan salah satu sumber terbaik vitamin C. Dalam satu buah kiwi, Anda bisa mendapatkan lebih dari 100% kebutuhan harian Anda akan vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan mendukung kesehatan kulit.

Baca Juga: 6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kiwi mengandung serat, kalium, dan antioksidan, yang semuanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sementara kalium membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Menyokong Fungsi Pencernaan

Serat yang tinggi dalam kiwi baik untuk pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, menjaga gerakan usus teratur, dan mendukung kesehatan mikrobiota usus yang penting.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga

Manfaat Antioksidan

Buah kiwi mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis.

Membantu Manajemen Berat Badan

Kiwi rendah kalori tetapi kaya serat, yang membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk mereka yang ingin menjaga berat badan sehat. Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makanan ringan yang tidak sehat.

Mendukung Kesehatan Mata

Buah kiwi mengandung lutein dan zeaksantin, dua nutrisi yang penting untuk kesehatan mata. Keduanya dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan penuaan.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Menarik

Memperbaiki Kualitas Tidur

Kiwi juga dikenal memiliki efek positif pada tidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan memperpanjang waktu tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×