kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga


Selasa, 05 Maret 2024 / 14:16 WIB
Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Kulit jeruk

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jeruk - Tahukah Anda kulit jeruk memiliki banyak manfaat bagu kesehatan? Pasalnya, ada berbagai manfaat kulit jeruk bagi kesehatan bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Meski tidak sepopuler buahnya, kulit jeruk juga mempunyai manfaat yang luar biasa dan tak kalah mumpuni.

Kulit jeruk, seringkali diabaikan dan dibuang begitu saja, padahal sebenarnya mengandung beragam zat berguna yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kulit Pisang Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 6 Hal yang Menarik Diketahui

Melansir dari Healthline, Kulit jeruk kaya akan nutrisi penting, seperti serat, vitamin C, dan polifenol. Rasanya juga pahit, sulit dicerna, dan mungkin mengandung residu pestisida.

Berikut beragam manfaat kulit jeruk untuk kesehatan:

Kaya akan Serat

Kulit jeruk mengandung serat yang tinggi. Serat adalah komponen penting dalam makanan yang membantu sistem pencernaan kita berfungsi dengan baik. Mengonsumsi kulit jeruk yang kaya serat dapat membantu mencegah sembelit, meredakan gangguan pencernaan, dan menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: 6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

Antioksidan yang Kuat

Kulit jeruk mengandung beragam antioksidan, termasuk flavonoid dan karotenoid, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya, serta menjaga kulit tetap sehat.

Anti-inflamasi Alami

Beberapa senyawa dalam kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi. Ini berarti bahwa mereka dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Kondisi peradangan kronis dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan, seperti arthritis, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kulit jeruk mengandung senyawa seperti hesperidin, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan arteri, dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kulit jeruk mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi kulit jeruk atau membuat teh dari kulit jeruk dapat membantu tubuh melawan infeksi dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Menarik

Menyokong Kesehatan Kulit

Kulit jeruk mengandung nutrisi seperti vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu memproduksi kolagen, yang penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan bercahaya, sementara vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam kulit jeruk, terutama dalam kulit jeruk mandarin, dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker. Antioksidan dalam kulit jeruk dapat membantu mencegah kerusakan DNA yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai Cina Jika Dikonsumsi dengan Benar, Banyak Khasiatnya!

Dukungan untuk Penurunan Berat Badan

Kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat membantu dalam penurunan berat badan. Serat yang tinggi dalam kulit jeruk memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Dalam keseluruhan, kulit jeruk adalah sumber nutrisi yang kaya dan serbaguna. Namun, penting untuk memastikan bahwa kulit jeruk yang Anda konsumsi adalah organik dan telah dicuci dengan baik untuk menghindari residu pestisida.

Selain itu, Anda dapat mencoba menambahkan kulit jeruk ke dalam smoothie, teh, atau makanan penutup sebagai cara yang lezat untuk memanfaatkan manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Dengan memanfaatkan kulit jeruk secara maksimal, Anda dapat mendukung kesehatan tubuh Anda secara alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×