kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan


Selasa, 26 Maret 2024 / 15:12 WIB
Catat 7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan
ILUSTRASI. minyak kemiri

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan - Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah jika digunakan dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat minyak kemiri juga teruji khasiatnya.

Minyak kemiri, yang juga dikenal sebagai minyak candlenut, adalah minyak yang diekstrak dari biji kemiri. Biji kemiri ini mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Minyak kemiri telah lama digunakan dalam berbagai budaya sebagai obat tradisional dan bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut.

Baca Juga: Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan tubuh:

Melembapkan Kulit

Minyak kemiri kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk melembapkan kulit. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kulit kering, dan mengurangi gejala kulit pecah-pecah. Hal ini juga dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan peradangan.

Baca Juga: Kenali Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

Meredakan Masalah Kulit

Minyak kemiri memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan gatal-gatal. Penggunaan minyak kemiri secara topikal dapat membantu mengurangi peradangan, menghilangkan kemerahan, dan mempercepat penyembuhan kulit.

Merawat Rambut

Minyak kemiri juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Kandungan asam lemak omega-3 dalam minyak kemiri dapat membantu merawat rambut dan kulit kepala. Minyak ini dapat mengurangi ketombe, menguatkan akar rambut, dan memberikan kilau alami pada rambut.

Mengandung Antioksidan

Minyak kemiri mengandung antioksidan seperti vitamin E dan squalene yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan demikian, minyak kemiri dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Catat 8 Hal Penting Ini

Memiliki Sifat Antibakteri

Minyak kemiri juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya pada kulit dan dalam tubuh. Penggunaan minyak kemiri secara topikal dapat membantu mencegah infeksi kulit, sementara konsumsi minyak kemiri dalam diet dapat membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Meredakan Nyeri Sendi

Minyak kemiri juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri sendi dan otot. Penggunaan minyak ini dalam pijatan atau kompres panas dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi dan otot, sehingga meredakan nyeri.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan? Ada 10 Hal Menarik

Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak kemiri mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi minyak kemiri dalam jumlah moderat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×