kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,33   -2,69   -0.30%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cek 5 Tanda Tubuh dan Efek Kekurangan Vitamin A pada Tubuh


Sabtu, 27 April 2024 / 07:25 WIB
Cek 5 Tanda Tubuh dan Efek Kekurangan Vitamin A pada Tubuh
ILUSTRASI. Kesehatan mata

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami tanda tubuh kekurangan vitamin A yang perlu dikenali lewat penyakit tertentu. Konsumsi nutrisi penting sejak dini baik untuk kesehatan dan perkembangan organ tubuh.

Vitamin A merupakan nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A terdiri dari dua bentuk utama: retinol dan beta-karoten.

Nah, retinol adalah bentuk aktif vitamin A yang ditemukan dalam makanan hewani seperti hati, kuning telur, dan produk susu.

Sementara itu, beta-karoten adalah bentuk provitamin A yang ditemukan dalam makanan tumbuhan seperti wortel, ubi jalar, dan bayam.  Setelah dikonsumsi, beta-karoten diubah menjadi retinol di dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Mudah Merebus Daun Salam Buat Menurunkan Gula dan Kolesterol Tinggi

wortel

Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata dengan membantu pembentukan pigmen visual dalam retina, yang penting untuk penglihatan yang baik, terutama dalam kondisi cahaya redup.

Selain itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dengan merangsang pertumbuhan dan peremajaan sel-sel kulit.

Kemudian, vitamin ini mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Baca Juga: Segar! Ini Manfaat Minum Jus Tomat untuk Kesehatan Penderita Diabetes

Penyebab Kekurangan Vitamin A

Kondisi ini dapat terjadi ketika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin A dalam makanan Anda. Kekurangan vitamin A sering terjadi di negara-negara berkembang di seluruh dunia.

Selain itu, kekurangan vitamin A juga terjadi karena gangguan hati. Hati Anda menyimpan sebagian besar vitamin A dalam tubuh, dan gangguan hati dapat mengganggu penyimpanan vitamin.

Penyakit dan kondisi yang mengganggu kemampuan usus dalam menyerap lemak juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A.

Kondisi tersebut dapat menurunkan kemampuan tubuh Anda dalam menyerap vitamin seperti vitamin A. Kondisi tersebut antara lain:

  • Diare kronis.
  • Penyakit celiac.
  • Fibrosis kistik.
  • Gangguan pankreas tertentu.

Tanda tubuh kekurangan vitamin A

Anda perlu mengenal kondisi tubuh kekurangan vitamin A yang perlu diwaspadai, informasi ini dilansir dari Cleveland Clinic.

1. Masalah mata

Vitamin A memiliki peran kunci dalam menjaga kesehatan mata. Dalam bentuk retinol, vitamin A membantu pembentukan pigmen visual dalam retina yang penting untuk penglihatan yang baik.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada mata, bahkan bisa menyebabkan kerusakan permanen seperti kerugian penglihatan atau kebutaan.

2. Masalah kulit

Vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan pada siklus regenerasi sel kulit, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, dan gatal.

Selain itu, vitamin A juga membantu dalam memproduksi sebum, yaitu minyak alami yang menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

3. Infertilitas

Adanya Vitamin A memiliki peran penting dalam sistem reproduksi, baik pada pria maupun wanita. Pada wanita, vitamin A diperlukan untuk perkembangan sel telur yang sehat dan juga untuk menjaga kesehatan selaput lendir di saluran reproduksi.

Kekurangan vitamin A pada wanita dapat menyebabkan kesulitan dalam proses kehamilan dan bahkan dapat menyebabkan infertilitas. Pada pria, vitamin A juga diperlukan untuk produksi sperma yang sehat.

4. Masalah pertumbuhan

Vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, terutama pada anak-anak. Kekurangan vitamin A pada anak-anak dapat menghambat pertumbuhan tulang, gigi, dan juga pertumbuhan tubuh secara keseluruhan.

Hal ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kognitif.

5. Infeksi saluran pernapasan

Vitamin A juga berperan dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh, termasuk pada saluran pernapasan. Kekurangan vitamin A dapat melemahkan pertahanan tubuh terhadap infeksi, meningkatkan risiko terkena infeksi pada dada dan tenggorokan.

Ini dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit seperti pneumonia atau infeksi saluran pernapasan lainnya.

Demikian penjelasan terkait tanda tubuh kekurangan vitamin A yang perlu diwaspadai.

Selanjutnya: Avian (AVIA) Gencar Menghadirkan Produk Green Label Untuk Mendukung Penerapan ESG

Menarik Dibaca: Kecuali Kulon Progo, Cuaca Besok di Seluruh Wilayah Yogyakarta Akan Diguyur Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×