kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
AKTUAL /

Cek 6 Manfaat Bunga Dahlia Bagi Kesehatan yang Luar Biasa


Sabtu, 18 November 2023 / 08:18 WIB
Cek 6 Manfaat Bunga Dahlia Bagi Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat bunga dahlia.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat bunga dahlia bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan penting diketahui. Namun, cara mengolah bunga dahlia juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfat bunga dahlia tersebut.

Bunga dahlia, dengan kecantikan dan keragaman warnanya, bukan hanya sekadar elemen dekoratif dalam taman atau rangkaian bunga. 

Ternyata, bunga dahlia ini juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. 

Baca Juga: 6 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Merangkum dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat bunga dahlia:

1. Antioksidan Tinggi

Bunga dahlia kaya akan senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolat. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penuaan dini dan kanker.

Baca Juga: Selain Pahit, Ini Daftar 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam bunga dahlia membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih, yang merupakan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

3. Menyehatkan Kulit

Ekstrak bunga dahlia dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan kulit. Senyawa-senyawa aktif dalam bunga ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit, merangsang produksi kolagen, dan memberikan kelembapan yang dibutuhkan untuk kulit yang sehat dan bersinar.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Catat 7 Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan Ini

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga dahlia memiliki efek menenangkan pada sistem kardiovaskular. Kandungan flavonoid dalam bunga dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

5. Menyediakan Nutrisi Penting

Bunga dahlia mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B, dan mineral seperti zat besi dan kalsium. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal, termasuk pertumbuhan sel, kesehatan tulang, dan fungsi sistem saraf.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Enak di Bandung, Wajib Coba!

6. Membantu Menurunkan Stres

Aroma harum bunga dahlia juga dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Terapi aromaterapi dengan menggunakan minyak esensial bunga dahlia dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

Bunga dahlia bukan hanya indah secara visual, tetapi juga membawa sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi, bunga ini dapat menjadi tambahan yang berharga dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita. Namun, sebelum mengonsumsi atau menggunakan bunga dahlia untuk tujuan kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk memastikan keamanan dan dosis yang tepat.

Selanjutnya: Bagaimana Momen Pemilu Terhadap Kinerja Industri Transportasi? Begini Tanggapan LRNA

Menarik Dibaca: Resep Masakan Akhir Pekan, Bikin Seporsi Nasi Goreng Kecombrang Teri Medan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

×