kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Selain Pahit, Ini Daftar 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan


Jumat, 17 November 2023 / 14:04 WIB
Selain Pahit, Ini Daftar 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat daun melinjo.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Melinjo - Manfaat daun melinjo untuk kesehatan tubuh nampaknya masih terbilang asing di telinga. Meski demikian, jika diolah dan dikonsumsi dengan baik daun melinjo bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Daun melinjo, yang berasal dari tanaman melinjo (Gnetum gnemon), telah lama digunakan sebagai bahan makanan di beberapa daerah di Asia Tenggara. 

Selain menjadi bahan makanan, daun melinjo juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Daftar Skuad Laga Inggris vs Brasil

Merangkum dari Kangjo, berikut manfaat daun melinjo untuk kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Daun melinjo mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sejumlah mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh, Kenali Yuk!

2. Antioksidan Tinggi

Daun melinjo mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

3. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun melinjo dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Senyawa-senyawa dalam daun melinjo diyakini dapat menghambat penyerapan kolesterol dari makanan dan meningkatkan pembuangan kolesterol berlebih melalui feses.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

4. Menyehatkan Jantung

Kandungan antioksidan dan kemampuan daun melinjo dalam menurunkan kolesterol dapat mendukung kesehatan jantung. Konsumsi secara teratur dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menyokong Fungsi Otak

Daun melinjo mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang dapat mendukung fungsi otak. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi daun melinjo dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Daun Kencur untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak daun melinjo dapat membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, sehingga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengembangkan penyakit ini.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam daun melinjo berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kornea mata dan memastikan fungsi mata yang optimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Catat Ya!

8. Antiinflamasi

Beberapa senyawa dalam daun melinjo memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti arthritis.

9. Penguat Sistem Kekebalan Tubuh 

Nutrisi yang terkandung dalam daun melinjo, seperti vitamin C, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan yang kuat, tubuh lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dalam daun melinjo dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin E memiliki sifat anti-penuaan dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Meskipun daun melinjo memiliki sejumlah manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggantikan atau menambahkan sesuatu pada pola makan, terutama jika ada kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×