kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45888,59   -4,84   -0.54%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cocok Jadi Takjil Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Stroberi Bagi Kesehatan


Sabtu, 16 Maret 2024 / 12:55 WIB
Cocok Jadi Takjil Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Stroberi Bagi Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat Stroberi Bagi Kesehatan

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Stroberi Bagi Kesehatan - Stroberi adalah salah satu jenis buah yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki banyak manfaat, stroberi juga cocok dijadikan salah satu menu takjil saat buka puasa.

Pasalnya, stroberi termasuk buah yang memiliki rasa lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman sekalipun.

Stroberi juga merupakan buah yang sangat populer dan digemari di seluruh dunia. Selain rasanya yang segar dan manis, stroberi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Melansir dari WebMD, Antioksidan dalam stroberi, termasuk vitamin C dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kemungkinan Anda sakit saat berada di dekat kuman.

Selain itu, berikut beberapa manfaat stroberi untuk kesehatan tubuh lainnya:

Kaya akan Antioksidan

Stroberi mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk vitamin C, flavonoid, dan asam elagik. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dalam jangka panjang, konsumsi stroberi dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Mendukung Fungsi Kognitif

Studi telah menunjukkan bahwa stroberi dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk daya ingat. Kandungan flavonoid dalam stroberi, seperti quercetin dan kaempferol, telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan otak. Konsumsi rutin stroberi dapat membantu menjaga kesehatan otak Anda seiring bertambahnya usia.

Mengurangi Peradangan

Stroberi mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit peradangan kronis seperti arthritis. Antioksidan dalam stroberi juga membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Stroberi kaya akan serat, vitamin C, dan kalium, yang semuanya mendukung kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sementara kalium membantu mengendalikan tekanan darah. Dengan mengonsumsi stroberi secara teratur, Anda dapat menjaga jantung tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Menyokong Kesehatan Mata

Stroberi mengandung zat-zat seperti vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Makan stroberi secara rutin dapat membantu mencegah gangguan mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

Mendukung Sistem Pencernaan

Serat dalam stroberi membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi serat secara cukup juga berhubungan dengan pengurangan risiko penyakit pencernaan, termasuk kanker usus besar.

Membantu Pengendalian Berat Badan

Stroberi adalah camilan sehat yang rendah kalori dan tinggi serat, yang membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang berusaha menjaga berat badan ideal. Makan stroberi bisa memberikan rasa kenyang tanpa menambah banyak kalori, sehingga membantu dalam pengendalian berat badan.

Baca Juga: Apa Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Unik

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam stroberi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan memiliki sistem kekebalan yang kuat, Anda lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.
Dalam kesimpulan, stroberi adalah buah yang lezat dan penuh manfaat kesehatan.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda, melindungi diri dari berbagai penyakit, dan memastikan tubuh Anda mendapatkan nutrisi penting. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan stroberi ke menu makanan Anda untuk menikmati manfaat kesehatan yang luar biasa.

Selanjutnya: Simak Rekomendasi Saham yang Menarik di IDX High Dividend 20

Menarik Dibaca: Manis dan Lezat, Intip Kandungan Nutrisi dan Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×