kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan


Jumat, 15 Maret 2024 / 13:53 WIB
Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Kulit Mangga

Penulis: Ryan Suherlan

7 Manfaat Kulit Mangga  - Siapa sangka mengkonsumsi kulit mangga bisa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran, sebagian orang mengkonsumsi buah mangga langsung bersama kulitnya.

Kulit mangga, yang sering kali diabaikan atau dibuang saat kita menikmati buah mangga, sebenarnya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Selain rasanya yang lezat, mangga dan kulitnya mengandung beragam nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Melansir dari Healthline, kulit mangga juga kaya akan serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan dan mengatur rasa lapar. Tak hanya itu, Kulit mangga juga sangat bergizi dan kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat yang dapat melawan penyakit.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kulit mangga untuk kesehatan lainnya:

Kaya Akan Serat

Kulit mangga mengandung serat pangan yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan kita. Serat membantu mencegah sembelit, merangsang peristaltik usus, dan mendukung kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, konsumsi serat secara teratur dapat membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ada 7 Hal yang Ampuh

Antioksidan yang Tinggi

Kulit mangga mengandung antioksidan seperti flavonoid, beta-karoten, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu melawan penuaan dini, mengurangi risiko kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber Vitamin C

Mangga dan kulitnya adalah sumber yang kaya vitamin C, yang penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang produksi kolagen untuk kulit yang sehat, dan mendukung penyerapan zat besi dalam tubuh.

Potensi Anti-inflamasi

Kulit mangga mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti quercetin dan isoquercitrin, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dapat menjadi faktor risiko bagi berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit autoimun. Mengonsumsi kulit mangga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko peradangan.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Mendukung Kesehatan Mata

Kulit mangga juga mengandung senyawa seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk mata. Senyawa-senyawa ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak kulit mangga memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini berarti bahwa konsumsi kulit mangga secara teratur dapat membantu melindungi jantung Anda dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Tidak Hanya Sunnah, Ini Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Mendukung Penurunan Berat Badan

Serat dalam kulit mangga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan. Selain itu, senyawa dalam kulit mangga juga dapat mendukung metabolisme tubuh, membantu mengurangi nafsu makan berlebihan, dan mengontrol berat badan.

Meskipun kulit mangga memiliki banyak manfaat kesehatan, sangat penting untuk mencuci mangga dengan baik sebelum mengonsumsinya untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Juga, pastikan mangga yang Anda makan adalah organik atau berasal dari sumber yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×