kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,47   -2,07   -0.23%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui


Jumat, 15 Maret 2024 / 14:21 WIB
Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui
ILUSTRASI. Kacang hijau

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kacang HijauĀ  - Kacang hijau menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, manfaat kacang hijau juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Selain itu, kacang hijau juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Kacang hijau, atau dalam bahasa ilmiahnya Vigna radiata, adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang dikenal dengan kandungan gizinya yang kaya dan beragam.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Kacang hijau telah lama menjadi bahan makanan yang populer di banyak budaya di seluruh dunia, terutama di Asia. Selain rasanya yang lezat, kacang hijau juga dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Melansir dari WebMD, kacang hijau mengandung banyak nutrisi penting yang memberikan beberapa manfaat kesehatan. Antioksidan dalam kacang hijau mampu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi kerusakan sel dan dapat membantu menurunkan risiko kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan:

Sumber Protein Nabati

Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Protein adalah nutrisi esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh. Makanan tinggi protein seperti kacang hijau cocok bagi orang yang menjalani diet vegetarian atau vegan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ada 7 Hal yang Ampuh

Kaya Serat

Kacang hijau mengandung serat makanan yang tinggi. Serat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga berat badan yang sehat. Konsumsi serat secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sumber Energi

Kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Ini membuatnya menjadi makanan yang baik untuk orang yang aktif secara fisik, seperti atlet atau mereka yang menjalani gaya hidup yang sibuk.

Kaya Mineral

Kacang hijau kaya akan mineral seperti besi, kalium, magnesium, dan seng. Mineral-mineral ini penting untuk fungsi tubuh yang optimal, termasuk pembentukan sel darah merah, fungsi otot, dan keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Mengandung Antioksidan

Kacang hijau mengandung antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan senyawa fenolik. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Serat, karbohidrat kompleks, dan antioksidan dalam kacang hijau semuanya dapat berkontribusi pada penurunan risiko penyakit jantung.

Mengatur Gula Darah

Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan tajam dalam gula darah setelah dikonsumsi. Ini dapat membantu dalam pengelolaan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Tidak Hanya Sunnah, Ini Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Mendukung Kesehatan Tulang

Kacang hijau mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang yang optimal.

Menjaga Kulit Sehat

Nutrisi dalam kacang hijau, terutama vitamin E, dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan muda. Vitamin E adalah antioksidan alami yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan faktor-faktor lingkungan lainnya.

Baca Juga: Menyegarkan Saat Buka Puasa, Ini 9 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan

Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan

Kacang hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Ini menjadikannya makanan yang baik untuk anak-anak dan remaja.

Kacang hijau dapat dimasak dalam berbagai hidangan, mulai dari bubur, sup, hingga hidangan penutup seperti es kacang hijau. Anda dapat mengkonsumsinya dalam berbagai bentuk, baik mentah atau setelah dimasak. Namun, pastikan untuk memasukkan kacang hijau dalam diet Anda secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×