kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,79   14,99   1.68%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga


Jumat, 24 November 2023 / 11:13 WIB
Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Buah srikaya.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh yang kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, manfaat buah srikaya untuk kesehatan juga telah teruji secara klinis.

Buah srikaya, juga dikenal dengan sebutan sugar apple atau custard apple, adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Buah ini memiliki rasa manis dan tekstur lembut, dan ternyata bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan, Catat Ya!

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Buah srikaya mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, riboflavin, niacin, folat, kalsium, fosfor, magnesium, potassium, zat besi, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah srikaya berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan membantu melindungi tubuh dari penyakit.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Serat dalam buah srikaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mendukung kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kaliumnya dapat membantu mengatur tekanan darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Banyak Khasiat yang Tidak Terduga

4. Mencegah Kanker

Beberapa senyawa antioksidan dalam buah srikaya, seperti fitokimia dan senyawa polifenol, dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah srikaya baik untuk kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan retina dan menjaga penglihatan yang baik.

Baca Juga: Prediksi Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20

6. Membantu Pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah srikaya dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu melancarkan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mempromosikan kesehatan usus.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Kandungan serat dalam buah srikaya juga dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 8 Besar, Prediksi Spanyol vs Jerman

8. Mengandung Antiinflamasi Alami

Beberapa senyawa dalam buah srikaya memiliki sifat antiinflamasi alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah berbagai penyakit peradangan.

Meskipun buah srikaya memiliki banyak manfaat kesehatan, tetaplah konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum menambahkan atau mengubah jenis makanan dalam diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×