kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,16   5,85   0.64%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Daftar Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Vitamin C


Kamis, 04 April 2024 / 15:36 WIB
Daftar Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Vitamin C
ILUSTRASI. Manfaat buah duku untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah DukuĀ  - Manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting dan menarik diketahui. Untuk itu, manfaat buah duku tersebut bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, cara mengkonsumsi buah duku juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh.

Buah duku, juga dikenal sebagai langsat atau lanzones, adalah buah tropis yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024

Merangkum dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan:

Kaya akan Vitamin C

Buah duku mengandung vitamin C yang tinggi, suatu antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, zat yang diperlukan untuk kesehatan kulit, pembuluh darah, tulang, dan sendi.

Sumber Antioksidan

Dengan kandungan antioksidan seperti karotenoid dan polifenol, buah duku dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berpotensi merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Unik

Menyehatkan Jantung

Buah duku dapat mendukung kesehatan jantung karena kandungan serat, kalium, dan antioksidan. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal.

Mendukung Pencernaan

Buah duku mengandung serat makanan, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan gerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Menyediakan Energi

Buah duku mengandung karbohidrat yang memberikan energi cepat. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang baik, terutama untuk mengatasi rasa lapar di antara waktu makan utama.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan, Ada 8 Tips Penting

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah duku bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A penting untuk fungsi penglihatan normal dan menjaga kornea mata tetap sehat.

Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah duku membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan. Mereka juga dapat membantu dalam proses regenerasi sel kulit.

Mengandung Zat Besi

Buah duku mengandung zat besi, mineral yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Konsumsi zat besi yang cukup dapat membantu mencegah anemia dan memastikan pasokan oksigen yang cukup ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam buah duku dapat membantu membuat perasaan kenyang lebih lama, sehingga dapat menjadi bagian dari program penurunan berat badan dengan menjaga kontrol asupan makanan.

Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Beberapa senyawa dalam buah duku, seperti vitamin B kompleks, dapat berkontribusi pada kesejahteraan emosional dan mengurangi stres.

Meskipun buah duku memberikan sejumlah manfaat kesehatan, penting untuk mencapai keseimbangan dalam pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau pertanyaan tentang diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×