kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 7 Manfaat Air Rebusan Daun Singkong yang Diseduh Menjadi Teh


Selasa, 09 Januari 2024 / 16:08 WIB
Ini 7 Manfaat Air Rebusan Daun Singkong yang Diseduh Menjadi Teh
ILUSTRASI. Ini 7 Manfaat Air Rebusan Daun Singkong yang Diseduh Menjadi Teh

Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Air Rebusan Daun Singkong - JAKARTA. Intip sederet manfaat air rebusan daun singkong yang mudah dikonsumsi. Anda bisa mencampurkan dengan jahe dan diseduh sebagai teh.

Air rebusan daun singkong menjadi minuman herbal yang disiapkan dengan merebus daun singkong dengan berbagai khasiat.

Daun singkong (Manihot esculenta) memiliki berbagai potensi manfaat kesehatan, dan air rebusan daun singkong dianggap sebagai cara yang umum digunakan untuk mengonsumsi kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Untuk membuat teh daun singkong, daun tanaman singkong dipanen, dicuci, dan dikeringkan. Daun kering kemudian ditumbuk atau digiling menjadi bubuk halus, lalu direndam dalam air panas membuat teh.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Banyak Khasiat yang Tidak Terduga

Daun singkong

Teh daun singkong terkenal dengan rasanya yang unik, digambarkan sedikit pahit dan bersahaja. Racikan ini juga dikatakan memiliki sisa rasa yang sedikit manis.

Selain rasanya, teh daun singkong juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Catatan sebelum konsumsi air rebusan daun singkong

Melansir dari African foodies, perlu diperhatikan bahwa daun singkong mengandung sianida yang dapat menjadi racun jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Untuk membuat teh daun singkong aman dikonsumsi, penting untuk dilakukan mengolah dan menyiapkan daun dengan benar untuk menghilangkan sianida.

Hal ini juga dianjurkan untuk konsumsilah teh daun singkong secukupnya dan konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelumnya menambahkannya ke diet Anda.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Manfaat air rebusan daun singkong

Beberapa kemungkinan manfaat air rebusan daun singkong dilansir dari laman Medical News Today.

1. Kandungan Nutrisi

Daun singkong kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin K dalam daun singkong mendukung pembekuan darah yang normal dan kesehatan tulang.

Kandungan vitamin A berkontribusi pada kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Mineral seperti zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.
Kalsium, mineral lainnya dalam daun singkong, berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang serta fungsi otot.

2. Antioksidan

Daun singkong mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan stres oksidatif.

Dengan melibatkan antioksidan, daun singkong dapat membantu menjaga kesehatan sel dan melindungi tubuh dari penyakit degeneratif.

3. Antiinflamasi

Sifat antiinflamasi daun singkong dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa tertentu dalam daun singkong dapat menghambat mediator peradangan, memberikan potensi manfaat bagi individu dengan kondisi inflamasi.

4. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi seperti vitamin C dalam daun singkong dapat meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Kandungan nutrisi ini dapat membantu memperkuat pertahanan tubuh dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

5. Manajemen Gula Darah

Beberapa penelitian praklinis menunjukkan bahwa ekstrak daun singkong dapat memiliki efek positif pada manajemen gula darah. Ini dapat menjadi berita baik bagi individu dengan diabetes atau risiko penyakit diabetes, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme yang lebih rinci.

6. Pemecahan Asam Urat

Rebusan air daun singkong dianggap memiliki sifat pemecahan asam urat yang dapat membantu dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan penumpukan asam urat.

7. Penurunan Tekanan Darah

Studi awal menunjukkan bahwa ekstrak daun singkong mungkin memiliki efek menurunkan tekanan darah. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, potensi ini dapat memberikan manfaat bagi individu dengan tekanan darah tinggi atau risiko penyakit jantung.

Cara membuat air rebusan daun singkong

Nah, panduan untuk membuat air rebusan daun singkong umumnya melibatkan merebus daun singkong segar dalam air, dan kemudian cairan yang dihasilkan dapat diminum sebagai minuman herbal.

Anda bisa menambahkan jahe maupun rempah lainnya untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Sebelum mengonsumsi air rebusan daun singkong atau mengintegrasikannya ke dalam rutinitas harian, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun singkong mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Daun singkong juga merupakan sumber yang baik antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Teh daun singkong dipercaya memiliki beberapa potensi manfaat bagi kesehatan. Namun, hal ini penting untuk dilakukan perhatikan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat ini dan menentukan dosis optimal untuk konsumsi manusia.

Itulah beberapa penjelasan dari manfaat air rebusan daun singkong yang menyehatkan tubuh.

Selanjutnya: Semaai AgriTech Indonesia Raih Pendaanaan Pra-Seri A USD 4,7 Juta

Menarik Dibaca: 5 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan Mental, Pasutri Harus Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×