kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%
AKTUAL /

Ini 8 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh


Rabu, 15 November 2023 / 14:47 WIB
Ini 8 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Ini 8 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali manfaat konsumsi telur rebus setiap hari. Makanan sehat yang berasal dari produk hewani ini tentu mudah dijumpai dan diolah. 

Telur pada dasarnya menjadi makanan sumber protein dan mineral lainnya untuk kesehatan tubuh.

Pengolahan telur yang mudah dan sehat salah satunya dalam masakan berbentuk telur rebus.

Telur rebus tidak memerlukan proses makanan seperti digoreng dengan minyak yang tentu bisa mengubah gizinya.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Ada dalam Menu Diet Asam Lambung

Untuk itu, Anda perlu mengenal lebih jauh beberapa bagian telur yang menyehatkan. Bagian telur khususnya kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi. 

Satu butir telur besar mengandung sekitar 186 mg kolesterol makanan. Namun, sebelum menghilangkan Telur rebus dari menu, ada baiknya menyelidiki pedoman diet.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa telur tidak meningkatkan kolesterol sama sekali pada sekitar 70% orang.

Kolesterol dalam makanan tidak serta merta meningkatkan kolesterol dalam darah.

Baca Juga: 4 Obat Alami untuk Atasi Gula Menumpuk di Dalam Darah

Manfaat konsumsi telur rebus setiap hari

Telur rebus

Adapun bagian 30% sisanya atau disebut “hiper responden”, dapat meningkatkan kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) secara ringan dengan mengonsumsi telur rebus.

Seperti halnya makanan apa pun, kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah sedang atau tidak lebih banyak dari porsi makanan lain dalam piring Anda. Sehingga, konsumsi telur cukup penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya.

Simak manfaat konsumsi telur rebus setiap hari yang bisa menyehatkan tubuh termasuk kolesterol baik dilansir dari laman Keck Medicine.

1. Makanan yang bergizi

Meskipun ukurannya relatif kecil, telur mengandung banyak nutrisi dan dapat menjadi makanan pokok yang penting dalam pola makan seimbang.

Satu butir telur rebus berukuran besar memiliki sekitar 77 kalori dan mengandung: Vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6, Folat, Fosfor, Selenium, Kalsium, Seng, 6 gram protein, 5 gram lemak sehat.

Telur rebus merupakan sumber protein yang baik (baik putih/kuningnya). Makanan ini juga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung dan merupakan sumber nutrisi penting, seperti vitamin B6, B12, dan vitamin D.

2. Telur meningkatkan kolesterol baik

Makan telur menyebabkan peningkatan kadar high-density lipoprotein (HDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol “baik”. Orang yang memiliki tingkat HDL lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Menurut sebuah penelitian, makan dua butir Telur rebus sehari selama enam minggu meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

3. Kebutuhan zat kolin

Kolin merupakan vitamin yang larut dalam air yang sering dikelompokkan dengan vitamin B. Ini digunakan untuk membangun membran sel dan membantu menghasilkan molekul pemberi sinyal di otak.

Dalam satu butir telur rebus mengandung sekitar 147 mg kolin, yaitu 27% dari nilai harian yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

4. Kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, Anda perlu merawat mata kita dengan lebih baik. Kuning telur rebus mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar.

Kandungan antioksidan bermanfaat yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula pada mata. Nah, konsumsi telur rebus tinggi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

5. Kebutuhan Omega-3

Omega-3 membantu mengurangi trigliserida, yaitu sejenis lemak lipid dalam darah. Itu sebabnya mengonsumsi Telur rebus yang diperkaya Omega-3 bisa menjadi pilihan

Ini bisa menjadi opsi saat Anda tidak menyukai makanan lain (ikan, kacang-kacangan, biji-bijian) yang kaya akan Omega-3 secara alami.

Saat kadar trigliserida Anda di bawah 150, Anda baik-baik saja; 150-199 adalah batas tertinggi; 200-499 termasuk tinggi; dan 500 ke atas dianggap sangat tinggi.

6. Kebutuhan protein dan asam amino

Mendapatkan cukup protein dalam makanan kita adalah cara penting untuk membantu kesehatan tubuh kita. Setiap telur rebus mengandung sekitar enam gram protein, serta asam amino yang bermanfaat.

Anda juga mendapatkan porsi protein setiap hari dapat membantu pengelolaan berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan juga membantu tulang kita.

7. Tidak buruk bagi jantung

Terlepas dari apa yang diyakini pada dekade-dekade sebelumnya, tidak ada hubungan langsung antara konsumsi telur rebus dan penyakit jantung atau stroke.

Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes yang makan telur meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat dan makan telur memiliki peluang lebih kecil terkena penyakit jantung.

8. Alternatif menu diet

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa makan telur untuk sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini umumnya disebabkan oleh tingginya kandungan protein dalam telur.

Baik Anda menyantap telur rebus sebagai camilan, telur dapat membantu Anda tetap kenyang setelah atau di antara waktu makan.

Itulah informasi penting bagi yang ingin mendapatkan manfaat dari konsumsi telur rebus secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

×