kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Inilah Lauk Pauk Untuk Penderita Diabetes, Cek Obat Luka Diabetes Agar Cepat Kering


Jumat, 01 Maret 2024 / 11:27 WIB
Inilah Lauk Pauk Untuk Penderita Diabetes, Cek Obat Luka Diabetes Agar Cepat Kering
ILUSTRASI. Inilah Lauk Pauk Untuk Penderita Diabetes, Cek Obat Luka Diabetes Agar Cepat Kering

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Obat Luka Diabetes Agar Cepat Kering - JAKARTA. Penderita diabetes wajib memilih makanan yang dikonsumsi sendiri. Apa lauk pauk yang baik untuk diabetes? Cek juga obat luka diabetes agar cepat kering.

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan konsumsi makanan. Pasalnya, banyak makanan yang bisa memicu kenaikan gula darah.

Termasuk juga soal lauk pauk, ada yang harus dihindari agar gula darah tetap stabil. Lalu, apa lauk pauk yang baik untuk menu makan diabetes?

Diberitakan Kompas.com, Verywell Health dan WebMD menyebutkan sejumlah menu lauk pauk untuk penderita diabetes.

Baca Juga: 9 Tanda & Gejala Awal Diabetes Tipe 2, Kerap Diabaikan

Lauk pauk penderita diabetes

Berikut daftar lauk pauk untuk diabetes:

  • Daging dan ikan tinggi protein

Lauk yang boleh dimakan penderita diabetes yang pertama yaitu daging dan ikan tinggi protein. Protein adalah nutrisi penting bagi penderita diabetes tipe 2 karena dapat membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga seseorang tidak tergoda untuk mengonsumsi kudapan atau camilan manis.

Daging dan ikan tinggi protein yang baik untuk pengidap diabetes, antara lain dada ayam, daging bebek tanpa kulit, ikan salmon, ikan kembung, dan ikan tuna.

  • Sumber protein nabati

Lauk pauk untuk penderita diabetes lainnya adalah lauk dengan kandungan protein nabati. Sumber protein nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, lentil, tahu, dan tempe bisa dijadikan pilihan lauk untuk penderita diabetes. Selain mengandung protein, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan lemak sehat yang dapat mendukung tubuh dalam memanfaatkan hormon insulin dengan baik sehingga kadar gula darah bisa terkontrol.

  • Telur

Telur bisa dijadikan lauk untuk penderita diabetes karena kaya protein, kalium, biotin, dan omega-3. Kalium pada telur penting untuk menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular orang dengan diabetes.

Kemudian, biotin pada telur dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Lalu, omega-3 yang banyak terkandung pada telur organik dapat menurunkan kadar gula darah puasa serta meningkatkan kerja insulin.

Itulah daftar lauk yang boleh dimakan penderita diabetes. Perlu diingat, setiap individu memiliki kondisi yang berbeda-beda, jadi sebaiknya konsutasikan dahulu ke dokter untuk mengetahui jenis lauk untuk penderita diabetes yang sesuai dan porsinya.

Selain mengonsumsi lauk pauk di atas, penderita diabetes juga perlu mengonsumsi sumber serat, seperti sayuran dan buah-buahan dengan indeks glikemik rendah-sedang.

Obat luka diabetes agar cepat kering

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, bahan-bahan alami yang ada di sekeliling kita bisa sebagai obat luka diabetes agar cepat kering.

Bottom Line Inc (bottomlineinc.com) mengatakan bahwa jumlah gula darah yang tak terkontrol mengakibatkan sistem imun tubuh tak optimum. Ketika hal itu terjadi, bakteri menjadi lebih mudah menginfeksi tubuh.

Pembuluh darah yang bertugas untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi supaya luka cepat sembuh pun tak bekerja secara maksimal. Akibatnya, luka yang Anda miliki menjadi lebih mudah bertambah parah.

Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami di bawah ini hanya mengobati luka ringan, ya. Apabila luka di tubuh Anda parah, segera minta bantuan dokter untuk merawatnya. Dengan begitu, kondisi tubuh tak memburuk dan luka bisa sembuh dengan baik.

Lidah Buaya

Obat alami luka diabetes agar cepat kering yang pertama adalah lidah buaya. Antimikroba dalam lidah buaya pun efektif mencegah infeksi yang lebih serius.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan selanjutnya yang bisa Anda pakai sebagai obat luka diabetes agar cepat kering. Alasannya karena tea tree oil memiliki antibakteri dan kandungan lain yang dibutuhkan tubuh supaya luka cepat sembuh.

Anda bisa mengaplikasikan tea tree oil langsung pada luka di tubuh Anda. Jika Anda ingin menutup luka dengan kain kasa atau sejenisnya, jangan lupa untuk mencampur tea tree oil dengan minyak kelapa atau carrier oil lainnya. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:1.

Cabai

Obat luka diabetes agar cepat kering selanjutnya adalah cabai. Kandungan yang terdapat dalam bahan alami itu mampu menghentikan pendarahan. Anda hanya perlu mengaplikasikan bubuk cabai pada luka selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air.

Madu dan Kentang

Bottom Line Inc merekomendasikan madu sebagai obat luka diabetes agar cepat kering selanjutnya yang patut Anda coba. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan madu. Pertama, bahan alami tersebut bisa membersihkan cairan dan sel kulit mati yang memperparah luka.

Kedua, madu mampu membentuk pembatas bakteri karena adanya kandungan antibakteri. Selanjutnya, sistem imun tubuh pun menguat karena bahan alami itu. Anda hanya perlu mengoleskan madu di atas luka yang sudah dibersihkan.

Setelah 30 menit, bersihkan sisa madu kemudian aplikasikan kentang. Tutup luka yang dilapisi kentang itu dengan kain kasa selama 30 menit. Enzim yang terkandung dalam kentang mampu memperbaiki jaringan yang rusak sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh

Dengan perawatan yang tepat, luka diabetes akan cepat sembuh. Lalu bagaimana ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh?

Disarikan dari website Aido Health, berikut beberapa ciri-ciri luka diabetes yang mau sembuh:

  • Luka telah mengering dengan baik
  • Luka yang ada mulai tertutup oleh jaringan yang baru
  • Pada beberapa kesempatan, area sekitar luka akan mengalami rasa gatal. Hal ini sejatinya normal dan merupakan salah satu tanda luka akan sembuh.
  • Warna kemerahan pada area sekitar luka mulai memudar

Itulah berbagai menu lauk pauk untuk penderita diabetes serta obat luka diabetes agar cepat kering. Mari jaga pola makan agar gula darah tetap stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×