kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,08   -0,94   -0.10%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin


Rabu, 27 Maret 2024 / 13:29 WIB
Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin
ILUSTRASI. Buncis

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan - Manfaat buncis untuk kesehatan bisa didapatkan denga mudah jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu, manfaat buncis juga telah teruji khasiatnya.

Buncis, yang juga dikenal sebagai kacang polong atau snap peas, merupakan jenis sayuran yang cukup populer di seluruh dunia. 

Buncis tidak hanya lezat dan serbaguna dalam berbagai masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Melansir dari Healthline, buncis dapat membantu pengelolaan berat badan, melindungi terhadap penyakit kronis, dan meningkatkan beberapa aspek kesehatan lainnya.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buncis untuk kesehatan:

Kaya Akan Nutrisi

Buncis mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B kompleks. Mereka juga merupakan sumber yang baik untuk mineral penting seperti kalium, magnesium, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang, dan mendukung fungsi otak yang optimal.

Baca Juga: Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Serat Tinggi

Buncis mengandung serat makanan yang tinggi, yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengurangi risiko penyakit usus besar. Mengonsumsi buncis secara teratur dapat membantu menjaga pencernaan Anda tetap lancar.

Mengontrol Berat Badan

Buncis rendah kalori dan mengandung serat, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk mereka yang mencoba menjaga berat badan yang sehat. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan, dan membantu mengendalikan asupan kalori harian Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buncis mengandung senyawa flavonoid dan antioksidan, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Serat dalam buncis juga membantu mengontrol kadar kolesterol, yang berkontribusi pada menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan

Mendukung Kesehatan Mata

Buncis mengandung beta-karoten, zat yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mencegah gangguan penglihatan terkait usia, seperti katarak.

Menyediakan Antioksidan

Antioksidan dalam buncis melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buncis, Anda dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Baca Juga: Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting Diketahui

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam buncis membantu produksi kolagen, protein yang penting untuk menjaga elastisitas kulit. Mengonsumsi buncis secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan bebas dari kerutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×