kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik


Selasa, 26 Maret 2024 / 15:13 WIB
Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik
ILUSTRASI. Kecombrang

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kecombrang  - Manfaat kecombrang untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran, manfaat kecombrang menarik perhatian untuk diketahui.

Kecombrang, atau yang dikenal juga dengan nama bunga kantan atau bunga kecombrang, adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di berbagai daerah tropis, terutama di Asia Tenggara. 

Selain itu, kecomrang memiliki rasa dan wangi yang khas, sehingga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh:

Sumber Antioksidan

Kecombrang mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan risiko penyakit kronis. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti kecombrang, dapat membantu menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh.

Baca Juga: Kenali Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

Efek Antiinflamasi

Ekstrak kecombrang telah ditemukan memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Kecombrang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan dasar dari banyak penyakit kronis, seperti arthritis, penyakit jantung, dan penyakit autoimun. Mengkonsumsi kecombrang secara teratur dapat membantu meredakan gejala peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kecombrang mengandung vitamin C, vitamin A, dan berbagai senyawa lain yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk melawan infeksi dan penyakit. Dengan mengonsumsi kecombrang, Anda dapat membantu tubuh Anda lebih tahan terhadap serangan patogen dan infeksi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kecombrang juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa antioksidan dalam kecombrang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan mengendalikan tekanan darah. Selain itu, kecombrang juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Catat 8 Hal Penting Ini

Mendukung Pencernaan

Kecombrang mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mengurangi risiko kanker usus, dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Selain itu, kecombrang juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri jahat dalam saluran pencernaan.

Potensi Anti Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak kecombrang mungkin memiliki potensi anti kanker. Senyawa-senyawa dalam kecombrang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker tertentu. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami sepenuhnya efek kecombrang terhadap kanker.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan? Ada 10 Hal Menarik

Menjaga Kesehatan Kulit

Kecombrang juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Ekstrak kecombrang sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat antioksidan dan antiinflamasi nya. Ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit, mengatasi jerawat, dan meredakan iritasi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×