kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 9 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Selasa, 21 November 2023 / 09:41 WIB
Kenali 9 Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat buah sawo untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh nampaknya sudah tidak asing lagi. Tidak hanya itu, manfaat buah sawo juga telah teruji khasiatnya.

Selain itu, cara mengkonsumsi buah sawo juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat buah sawo tersebut.

Buah sawo, yang dikenal dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, tidak hanya menyajikan kenikmatan bagi lidah, tetapi juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 16 Besar, Daftar Squad Jerman vs Amerika Serikat

Merangkum dari Healthline dan PharmEasy, berikut beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Buah sawo mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin A mendukung kesehatan mata, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K penting untuk pembekuan darah.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Murah dan Menarik Perhatian

2. Sumber Serat yang Baik

Sawo kaya akan serat makanan, yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi buah sawo dapat menjadi bagian dari pola makan yang seimbang untuk mendukung kesehatan pencernaan.

3. Mengandung Antioksidan

Buah sawo mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan senyawa fenolik. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, potassium, dan antioksidan dalam buah sawo dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), sementara potassium membantu menjaga tekanan darah normal.

5. Menyediakan Energi

Buah sawo mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi yang baik. Ini membuatnya menjadi pilihan camilan yang sehat dan alami untuk meningkatkan stamina dan mengatasi kelelahan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Apa Saja?

6. Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin A dan C dalam buah sawo berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu meremajakan sel-sel kulit, sementara vitamin C membantu produksi kolagen, yang menjaga elastisitas dan kelembaban kulit.

7. Mengandung Zat Besi

Sawo mengandung zat besi, yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Konsumsi cukup zat besi dapat membantu mencegah anemia dan memastikan tubuh memiliki pasokan oksigen yang cukup.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya, Simak Ini!

8. Mengurangi Risiko Diabetes

Serat dalam buah sawo dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat memberikan manfaat bagi orang yang memiliki risiko diabetes atau yang sudah menderita diabetes.

Baca Juga: Prediksi Madura United vs Bali United dan Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, yang dapat menjadi faktor pendukung dalam program penurunan berat badan.

Meskipun buah sawo menyajikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, tetaplah penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli gizi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau pertanyaan tentang konsumsi buah sawo dalam diet Anda.

Selanjutnya: 11 Contoh Perangkat Komputer dan Penjelasan Fungsinya bagi Pengguna

Menarik Dibaca: Park Gyu-young Main Berbagai Karakter, Pernah Berperan Jadi Guru Kena Kutukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×