kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Mampu Mengurangi Risiko Kanker, Ini 8 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan


Jumat, 05 April 2024 / 15:01 WIB
Mampu Mengurangi Risiko Kanker, Ini 8 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Buah bit

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah bit untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan diolah dengan baik. Tak heran, manfaat buah bit untuk kesehatan cukup menarik perhatian.

Buah bit, dengan warna merah yang khas dan rasa yang unik, ternyata bukan hanya memberikan pengalaman kuliner yang menarik, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan. 

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah bit secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia. 

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan:

Kaya Antioksidan

Buah bit mengandung senyawa antioksidan, seperti betasianin, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker. Dengan mengonsumsi buah bit, Anda dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrat alami dalam buah bit dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah bit dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dikenal memiliki peran penting dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Dengan mengonsumsi buah bit, Anda dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Mendukung Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan kinerja kognitif. Konsumsi buah bit secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko gangguan kognitif terkait usia.

Mengandung Serat Tinggi

Buah bit mengandung serat tinggi, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, mencegah sembelit, dan mendukung penyerapan nutrisi yang optimal.

Baca Juga: Manfaat Toge Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik Diketahui

Menyokong Detoksifikasi

Betasianin, pigmen merah yang memberi warna pada buah bit, memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh. Buah bit dapat menjadi bagian dari diet detoksifikasi alami untuk membantu membuang zat-zat berbahaya dari tubuh.

Mengurangi Risiko Kanker 

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah bit dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker kolon. Kandungan antioksidan dan serat dalam buah bit dapat membantu melindungi sel-sel dari pertumbuhan sel kanker yang tidak normal.

Baca Juga: Manfaat Rebung untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting

Mendukung Kesehatan Kulit

Nutrisi dalam buah bit, termasuk vitamin C dan antioksidan, dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Mereka dapat melawan tanda penuaan dini, mengurangi kerusakan akibat sinar UV, dan memberikan kulit penampilan yang lebih segar.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan, memasukkan buah bit ke dalam pola makan sehat dapat menjadi langkah yang cerdas untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, sebaiknya selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengubah atau menambahkan elemen baru dalam pola makan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×