kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%
AKTUAL /

Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Catat 8 Hal Ini


Minggu, 17 Maret 2024 / 06:00 WIB
Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, Catat 8 Hal Ini
ILUSTRASI. Bayam merah

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Selain itu, untuk bisa mendapatkan manfaat bayam merah secara maksimal cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diketahui.

Bayam merah, atau yang sering disebut sebagai amaranth, adalah tanaman yang telah lama dikenal karena kandungan gizinya yang sangat baik. 

Bayam merah ini terkenal sebagai salah satu "superfood" karena kandungan nutrisi yang tinggi dan beragam manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Melansir dari Medical News Today, Manfaat kesehatan yang mungkin didapat dari mengonsumsi bayam merah antara lain meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh:

Kaya Akan Nutrisi

Bayam merah mengandung beragam nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalsium, dan magnesium. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, vitamin K penting untuk pembekuan darah, folat berperan dalam pembentukan sel darah merah, dan zat besi merupakan komponen utama dalam transportasi oksigen dalam tubuh.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Sumber Antioksidan

Bayam merah mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan betalain. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potasium dalam bayam merah membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, senyawa betalain dalam bayam merah dapat membantu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah dan memperbaiki kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan magnesium dalam bayam merah sangat penting untuk kesehatan tulang. Kalsium diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang, sementara magnesium membantu penyerapan kalsium. Ini dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bayam merah mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, serat juga membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengurangi risiko sembelit.

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam bayam merah membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga penglihatan normal dan mencegah masalah mata, seperti kekeringan mata dan degenerasi makula.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam bayam merah tidak hanya membantu melawan sembelit, tetapi juga mendukung kesehatan sistem pencernaan Anda secara keseluruhan. Serat membantu memelihara mikroflora usus yang sehat dan mencegah masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

Baca Juga: Apa Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Unik

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam bayam merah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta mempercepat proses penyembuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

×