kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga


Rabu, 27 Maret 2024 / 13:30 WIB
Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga
ILUSTRASI. Biji semangka

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan- Manfaat biji semangka untuk kesehatan adalah salah satu hal yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Namun, cara mengolah dan mengkonsumsi biji semangka juga perlu diperhatikan.

Biji semangka, seringkali diabaikan dan dibuang begitu saja saat kita menikmati daging manis dan segar dari buah semangka. 

Namun, tahukah Anda bahwa biji semangka memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa? Biji semangka sebenarnya mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Melansri dari NDTV, Biji semangka mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu pengaturan gula darah, kesehatan jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, berikut beberapa manfaat biji semangka untuk kesehatan di antaranya:

Kaya akan Nutrisi

Biji semangka mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk protein, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Mereka juga merupakan sumber antioksidan, seperti likopen, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam biji semangka, termasuk vitamin C dan vitamin B kompleks, dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Ini akan membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit dengan lebih efektif.

Baca Juga: Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Mendukung Kesehatan Jantung

Biji semangka mengandung asam amino arginin, yang telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kardiovaskular. Arginin membantu merelaksasi pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah, yang semuanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Konsumsi biji semangka secara teratur dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kronis lainnya. Antioksidan yang terkandung dalam biji semangka dapat membantu melawan radikal bebas dan peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama penyakit-penyakit ini.

Menjaga Kesehatan Kulit

Biji semangka mengandung vitamin E, yang dikenal sebagai vitamin kulit. Vitamin E dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda, membuatnya lebih halus dan bersinar. Selain itu, biji semangka juga mengandung likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan

Mendukung Pencernaan

Serat dalam biji semangka dapat membantu meningkatkan pencernaan Anda. Serat membantu mempromosikan gerakan usus yang sehat, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Menurunkan Berat Badan

Biji semangka mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan memungkinkan Anda untuk mengurangi asupan kalori. Dengan demikian, biji semangka dapat menjadi bagian dari diet sehat untuk menurunkan berat badan.

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam biji semangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga penglihatan yang baik.

Baca Juga: Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting Diketahui

Menyediakan Energi

Biji semangka mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Ini membuat biji semangka menjadi camilan yang baik, terutama saat Anda merasa lelah atau lesu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×