kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting Diketahui


Senin, 25 Maret 2024 / 09:41 WIB
Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting Diketahui
ILUSTRASI. Daun Kelor

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah salah satu yang penting diketahui. Untuk bisa mendapatkan manfaat daun kelor secara maksimal cara mengolah dan mengkonsumsinya juga perlu diperhatikan.

Selain itu, daun kelor juga termasuk salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Lantas apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan?

Baca Juga: Apa Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Tak Terduga

Melansir dari Medical News Today, daun kelor mungkin memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari mempercepat penyembuhan luka hingga mengatur glukosa darah.

Selain itu, berikut beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh:

Kaya Nutrisi

Daun kelor mengandung beragam nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh. Daun ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B kompleks, dan mineral seperti kalsium, besi, magnesium, dan potassium. Nutrisi ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan memastikan fungsi organ tubuh yang optimal.

Baca Juga: Cocok Dijadikan Takjil, Ini Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Sumber Antioksidan

Daun kelor mengandung berbagai senyawa antioksidan, termasuk quercetin, klorofil, beta-karoten, dan polifenol. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Menurunkan Tekanan Darah

Ekstrak daun kelor telah terbukti memiliki efek menurunkan tekanan darah. Ini karena kandungan zat-zat seperti isotiocyanates dan niaziminin yang membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Banyak Khasiatnya!

Mendukung Kesehatan Jantung

Daun kelor juga membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Senyawa dalam daun kelor, seperti beta-sitosterol, membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Mendukung Sistem Pencernaan

Daun kelor kaya serat, yang membantu dalam pencernaan. Serat membantu mengurangi sembelit, meningkatkan kesehatan usus, dan mencegah peradangan dalam saluran pencernaan. Ini juga dapat membantu dalam manajemen berat badan yang sehat.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dalam daun kelor membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini berperan penting dalam pemeliharaan sel-sel kulit dan membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput. Daun kelor juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksim.

Baca Juga: Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik Perhatian

Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun kelor dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Daun kelor dapat mengurangi penyerapan gula dalam usus dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Kaya akan nutrisi, daun kelor adalah sumber makanan yang sangat baik untuk anak-anak. Konsumsi daun kelor dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, serta mendukung kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun daun kelor memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan konsultasikan dengan profesional medis jika Anda memiliki kondisi medis yang mungkin memerlukan perhatian khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×