kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Buah Semangka, Catat 10 Hal Penting untuk Kesehatan Tubuh


Selasa, 19 Maret 2024 / 10:57 WIB
Manfaat Buah Semangka, Catat 10 Hal Penting untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Manfaat buah semangka untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Semangka adalah salah satu jenis buah yang menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah semangka juga bisa didapatkan dengan mudah jika dikonsumsi secara rutin.

Buah semangka, dengan dagingnya yang segar dan manis serta kadar air yang tinggi, sering menjadi favorit banyak orang terutama pada musim panas. Selain rasanya yang lezat, buah semangka juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Selain itu, buah semangka juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang enak dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan, Teruji Khasiatnya Secara Klinis

Melansir dari Healthline, semangka merupakan sumber antioksidan dan nutrisi yang baik. Selain mendukung hidrasi, buah semangka juga dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk kesehatan jantung, dan mencegah kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan:

Menjaga Hidrasi

Semangka adalah buah yang mengandung sekitar 90% air, sehingga sangat efektif dalam menjaga hidrasi tubuh, terutama selama cuaca panas. Dengan mengonsumsi semangka, Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, yang penting untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap optimal.

Baca Juga: Obat Asam Lambung, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh Ini

Sumber Nutrisi

Selain air, semangka juga mengandung berbagai nutrisi penting. Buah ini kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, serta vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata. Semangka juga mengandung vitamin B6, yang mendukung fungsi otak dan sistem saraf, dan kandungan vitamin B1 (tiamin) yang diperlukan untuk metabolisme tubuh.

Antioksidan Alami

Semangka mengandung antioksidan seperti likopen, beta-karoten, dan lainnya. Likopen, khususnya, telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk perlindungan terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya.

Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan likopen dalam semangka juga berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Likopen telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Selain itu, kandungan kalium dalam semangka membantu mengatur tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Menyokong Kesehatan Kulit

Semangka mengandung vitamin C, yang membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan bebas keriput. Kandungan air dalam semangka juga membantu menjaga kulit terhidrasi dan memperbaiki tekstur kulit.

Menyediakan Serat

Meskipun buah semangka terutama terdiri dari air, ia juga menyediakan sejumlah serat diet yang membantu pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan kesehatan usus, dan dapat membantu dalam manajemen berat badan dengan memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Baca Juga: Manfaat Leci Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal yang Menarik

Menyediakan Elektrolit Alami

Selain air, semangka juga mengandung elektrolit alami seperti natrium, kalium, dan magnesium. Elektrolit ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda, yang penting untuk fungsi otot, saraf, dan keseimbangan cairan tubuh.

Mendukung Penurunan Berat Badan

Semangka adalah camilan sehat yang rendah kalori dan rendah lemak. Kandungan serat dan air yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam penurunan berat badan dan menjaga berat badan yang sehat.

Menyegarkan Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, semangka adalah camilan ideal karena dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, menggantikan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik, dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pemulihan otot.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!

Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa likopen dalam semangka dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara, dan kanker rahim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×