kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,35   16,58   1.84%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Nangka Muda Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Unik


Minggu, 17 Maret 2024 / 11:30 WIB
Manfaat Nangka Muda Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Unik
ILUSTRASI. buah nangka muda

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat nangka muda untuk kesehatan tubuh kerap luput dari perhatian. Padahal, banyak manfaat nangka muda yang bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan diolah dengan benar.

Nangka muda, atau dikenal juga dengan sebutan "jackfruit" dalam bahasa Inggris, adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memiliki daging yang lembut, manis, dan beraroma enak. 

Selain menjadi makanan yang lezat, nangka muda juga memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Melansir dari Everyday Health, nangka muda menawarkan beberapa nutrisi penting, termasuk serat, protein, vitamin C, vitamin B, dan potasium. Nutrisi tersebut dapat membantu Anda mengatur berat badan dan gula darah, meningkatkan kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, ini beberapa manfaat nangka muda untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi

Nangka muda kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat, kalium, dan zat besi. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, sedangkan vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 mendukung fungsi otak dan sistem saraf, sementara serat membantu pencernaan yang sehat.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam nangka muda membantu dalam menjaga tekanan darah yang seimbang. Diet yang kaya akan kalium dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, serat dalam nangka muda juga berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam nangka muda membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang esensial untuk pencernaan yang sehat.

Menyediakan Energi

Nangka muda mengandung karbohidrat yang memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini adalah sumber energi yang baik untuk aktivitas sehari-hari Anda.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Membantu Pengendalian Berat Badan

Meskipun manis, nangka muda memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Ini dapat membantu dalam pengendalian berat badan dan pengelolaan diabetes.

Antioksidan Alami

Nangka muda mengandung antioksidan seperti vitamin C dan karotenoid, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Menyediakan Nutrisi Untuk Kulit

Nutrisi dalam nangka muda, terutama vitamin C, dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Vitamin C adalah komponen penting dalam produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Baca Juga: Apa Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Unik

Membantu Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kalium dalam nangka muda membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini penting untuk menjaga fungsi otot dan sistem saraf yang sehat.

Mendukung Pertumbuhan dan Perbaikan Jaringan Tubuh

Zat besi dalam nangka muda penting untuk membentuk hemoglobin, yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Nangka muda mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi nangka muda dapat membantu mencegah osteoporosis.

Mengingat sejumlah manfaat kesehatan yang dimilikinya, nangka muda adalah buah yang patut dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam diet sehari-hari. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsilah nangka muda dalam jumlah yang sesuai untuk mendapatkan manfaat terbaik dan seimbang dengan gaya hidup yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×