kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Obat Asam Lambung, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh Ini


Senin, 18 Maret 2024 / 10:51 WIB
Obat Asam Lambung, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh Ini
ILUSTRASI. Pepaya adalah salah satu obat asam lambung alami.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi obat asam lambung alami bisa menjadi alternatif yang bisa dicoba. Tidak hanya itu, kebanyakan obat asam lambung alami juga relatif mudah didapatkan.

Asam lambung tinggi, atau disebut juga dengan asam lambung naik, adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi ketika cairan asam lambung kembali ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar dan ketidaknyamanan. 

Meskipun obat-obatan kimia dapat membantu mengatasi masalah ini, banyak orang memilih mencari solusi alami untuk mengurangi gejala asam lambung.

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa

Melansir dari Healthline, obat asam lambung alami termasuk menjaga asupan makanan dapat membantu meredakan sakit akibat asam lambung.

Selain itu, berikut beberapa obat asam lambung alami di antaranya:

Minum Air Hangat dengan Lemon

Minum segelas air hangat dengan perasan lemon pada pagi hari dapat membantu menetralkan asam lambung. Lemon memiliki sifat alkalin yang dapat membantu meredakan kelebihan asam dalam lambung.

Mengonsumsi Madu

Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan iritasi pada lambung. Minumlah satu sendok teh madu mentah setiap hari, terutama sebelum tidur, untuk meredakan gejala asam lambung.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Pisang

Pisang adalah buah yang rendah asam dan dapat membantu melapisi dinding lambung, melindungi dari efek buruk asam lambung. Pisang juga membantu meredakan peradangan pada lambung.

Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan dapat membantu meredakan iritasi pada dinding lambung. Anda dapat membuat teh jahe segar atau menambahkan potongan jahe ke dalam makanan dan minuman Anda.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mencerna makanan dengan lebih efisien, mengurangi tekanan pada lambung. Makanlah pepaya segar atau tambahkan dalam smoothie untuk manfaat terbaik.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Hindari Makanan Berlemak dan Pedas

Makanan berlemak dan pedas dapat merangsang produksi asam lambung. Hindarilah makanan-makanan ini untuk mengurangi gejala asam lambung.

Meskipun pengobatan alami dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami masalah asam lambung secara teratur. Dokter dapat memberikan saran medis yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×