kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Obat Sakit Perut Alami yang Mudah Didapatkan, Coba 7 Bahan Alami Ini


Selasa, 26 Maret 2024 / 11:38 WIB
Obat Sakit Perut Alami yang Mudah Didapatkan, Coba 7 Bahan Alami Ini
ILUSTRASI. Buah pisang adalah salah satu obat sakit perut alami.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mengkonsumi obat sakit perut alami bisa menjadi cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut. Selain itu, obat sakit perut alami relatif mudah didapatkan.

Sakit perut adalah masalah umum yang dapat memengaruhi siapa pun, kapan pun. Itu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti makanan yang salah, infeksi, stres, atau kondisi medis tertentu. 

Ketika Anda mengalami sakit perut, mencari obat alami dapat menjadi pilihan yang baik untuk meredakan gejala tanpa perlu bergantung pada obat-obatan kimia.

Baca Juga: Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik

Melansir dari Medical News Today, Beberapa pengobatan rumahan dapat membantu mengatasi sakit perut dan perut, seperti minum air putih dan menghindari makanan pedas.

Selain itu, berikut beberapa obat sakit perut alami di antaranya:

Jahe

Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk sakit perut. Senyawa yang terdapat dalam jahe, seperti gingerol, dapat membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan dan meredakan rasa sakit. Anda bisa membuat teh jahe dengan mencampur potongan jahe segar dengan air panas dan sedikit madu untuk rasa. Minum teh jahe ini secara teratur dapat membantu meredakan gejala sakit perut.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting Diketahui

Peppermint

Minyak peppermint dan daunnya telah dikenal memiliki sifat antispasmodik yang membantu mengendurkan otot-otot dalam saluran pencernaan. Minum teh peppermint atau mengunyah permen peppermint dapat membantu meredakan kram perut dan gas berlebih.

Pisang

Pisang adalah makanan yang lembut dan mudah dicerna, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik saat perut Anda terasa tidak nyaman. Pisang mengandung pektin, yang dapat membantu meredakan iritasi dalam saluran pencernaan. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang membantu mengatasi diare.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Catat 8 Hal Penting Ini

Kayu manis

Kayu manis mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan. Anda dapat menambahkan kayu manis ke dalam makanan atau minuman, seperti yogurt, oatmeal, atau teh herbal, untuk mendapatkan manfaatnya.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan peradangan dalam saluran pencernaan. Anda bisa mencoba menambahkan kunyit ke dalam masakan Anda atau membuat minuman kunyit hangat dengan susu atau air.

Air putih

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit perut, terutama jika disebabkan oleh diare. Minum banyak air putih dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi dan meredakan gejala sakit perut.

Baca Juga: Kenali Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

Yoghurt probiotik

Yoghurt probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga keseimbangan flora usus dan mengurangi gejala sakit perut yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan.

Penting untuk diingat bahwa obat-obatan alami mungkin tidak cocok untuk semua orang, dan hasilnya bisa bervariasi. Jika sakit perut Anda berlanjut atau menjadi lebih parah, segera konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×