kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga


Kamis, 16 November 2023 / 11:40 WIB
8 Manfaat Daun Mengkudu untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat daun mengkudu untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan luput dari perhatian. Selain itu, cara mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat daun mengkudu secara maksimal.

Daun mengkudu, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Morinda citrifolia, telah lama dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat bagi kesehatan. 

Daun mengkudu ini berasal dari wilayah Pasifik Selatan, tetapi sekarang tersebar luas di berbagai daerah tropis. Salah satu bagian tanaman yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Merangkum dari Healthline, berikut berbagai manfaat daun mengkudu untuk kesehatan tubuh:

1. Antioksidan Tinggi

Daun mengkudu mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti quercetin, ascorbic acid, dan beta-carotene. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Mengandung Zat Anti-Inflamasi

Kandungan zat anti-inflamasi dalam daun mengkudu dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit peradangan, seperti arthritis.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun mengkudu mengandung sejumlah besar nutrisi, termasuk vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 7 Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Teruji Khasiatnya

4. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun mengkudu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa-senyawa tertentu dalam tanaman ini dapat mempengaruhi pembuluh darah dan membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan zat anti-inflamasi dalam daun mengkudu dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Simak 6 Penyakit Musim Pancaroba yang Perlu Diwaspadai Saat Memasuki Musim Hujan

6. Menyokong Kesehatan Pencernaan

Daun mengkudu juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Beberapa orang menggunakan ekstrak daun mengkudu sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan.

7. Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun mengkudu dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit ini.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi, Sudah Pernah?

8. Potensi Antikanker

Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut, beberapa studi awal menunjukkan bahwa ekstrak daun mengkudu dapat memiliki potensi antikanker. Senyawa-senyawa aktif dalam daun ini diketahui memiliki efek anti-kanker pada beberapa jenis sel kanker.

Daun mengkudu merupakan sumber nutrisi yang kaya dan penuh dengan manfaat kesehatan. Meskipun telah dikenal dan dimanfaatkan secara tradisional, perlu diingat bahwa lebih banyak penelitian diperlukan untuk memahami sepenuhnya potensi dan efek samping penggunaan daun mengkudu. Sebelum mengambil suplemen atau mengganti pengobatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk memastikan keamanan dan keefektifan.

Selanjutnya: Selain Demam Tak Kunjung Turun, Ini Gejala Demam Berdarah yang Sering Muncul

Menarik Dibaca: Cuaca Besok Jumat (17/11) di Jakarta Hujan Ringan, di Mana Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×