kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Simak 6 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Tulang Belakang


Sabtu, 13 April 2024 / 06:00 WIB
Simak 6 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Tulang Belakang
ILUSTRASI. Latihan untuk tulang belakang

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perhatikan daftar latihan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang belakang. Penting bagi setiap individu untuk memperhatikan kebugaran dan kesehatan sistem tulang, termasuk tulang belakang dan sistem saraf yang terkait.

Kesehatan tulang belakang mencakup kondisi fisik dan fungsi sumsum tulang belakang serta struktur tulang dan jaringan di sekitarnya.

Sumsum tulang belakang merupakan bagian integral dari sistem saraf pusat yang menghubungkan otak dengan bagian tubuh lain melalui serabut saraf.b

Tulang belakang, yang terdiri dari serangkaian tulang yang disebut vertebrae, memiliki peran penting dalam melindungi sumsum tulang belakang dan menyediakan dukungan struktural bagi tubuh.

Baca Juga: 8 Minuman yang Aman Buat Penderita Diabetes saat Lebaran, Tak Bikin Gula Naik

Olahraga untuk kesehatan tulang belakang

Asam urat di tulang belakang

Tentu, kebutuhan mengenai tulang belakang yang sehat ada beberapa aspek yang perlu diketahui:

  • Postur yang Benar: Memelihara postur yang baik dalam beraktivitas sehari-hari dapat mengurangi tekanan berlebih pada tulang belakang dan menghindari masalah postur yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau cedera.
  • Kekuatan dan Fleksibilitas: Latihan fisik yang menguatkan otot-otot di sekitar tulang belakang dan menjaga fleksibilitas dapat membantu mencegah cedera dan masalah tulang belakang.
  • Pencegahan Cedera: Menghindari aktivitas yang berisiko tinggi atau menggunakan teknik yang benar saat mengangkat benda berat dapat membantu mencegah cedera pada tulang belakang.
  • Pemeliharaan Berat Badan yang Sehat: Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan berlebih pada tulang belakang dan mencegah masalah terkait seperti nyeri punggung.

Sehingga, sedari usia dini, Anda bisa mulai dengan melakukan olahraga untuk tulang belakang. Olahraga untuk sumsum tulang belakang (spinal cord) biasanya dirancang dengan tujuan memelihara kesehatan fisik.

Olahraga ini juga dapat membantu menjaga kekuatan otot, keseimbangan, fleksibilitas, dan kardiovaskular. Namun, jenis olahraga yang cocok dapat bervariasi tergantung pada beberapa.

Di bawah ini adalah beberapa contoh olahraga yang umumnya direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan tulang belakang.

Sederet latihan atau olahraga yang baik untuk kesehatan tulang belakang untuk pemula maupun orang lanjut usia, dirangkum dari Box Rox.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Naga yang Wajib Diketahui, Bisa Cegah Kanker

1. Latihan Beban

Nah, salah satu cara menguatkan otot tulang belakang dapat dilakukan dengan latihan kekuatan menggunakan beban yang ringan. Penggunaan peralatan khusus dapat membantu menjaga kekuatan otot, yang esensial untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

2. Renang

Renang atau latihan di dalam air adalah cara yang efektif untuk menjaga keseimbangan tubuh, mengurangi tekanan pada sendi, dan meningkatkan kekuatan otot tanpa memberikan tekanan berlebihan pada tulang belakang.

3. Bersepeda

Bersepeda, baik di jalanan maupun menggunakan sepeda statis, adalah olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Mengayuh sepeda dapat membantu memperbaiki keseimbangan dan kekuatan otot kaki.

4. Yoga

Yoga dan peregangan tubuh dapat membantu menjaga fleksibilitas, meningkatkan postur, dan mengurangi ketegangan otot, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tulang.

5. Panjat tebing

Pendakian tebing merupakan aktivitas yang terbukti memberikan efek positif pada nyeri punggung bawah kronis. Latihan pendakian dengan intensitas rendah secara teratur dapat memberikan manfaat terapeutik.

6. Latihan HIIT

Latihan kardiovaskular seperti berjalan atau aerobik ringan dapat mendukung kesehatan jantung dan paru-paru, serta mengaktifkan fungsi tulang belakang secara penuh.

Opsi seperti High Intensity Training (HIIT) juga dapat dipilih untuk merangsang tulang belakang dengan baik.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter saat berupaya untuk mendapatkan latihan yang tepat sesuai umur.

Itulah beberapa informasi terkait olahraga untuk kesehatan tulang belakang yang perlu dilakukans sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×